Antisipasi Bencana, Nelayan Pesisir Lampung Ajak Warga Tanam Mangrove

Kamis, 13 April 2023 - 08:57 WIB
loading...
Antisipasi Bencana, Nelayan Pesisir Lampung Ajak Warga Tanam Mangrove
Komunitas Nelayan Pesisir Lampung mengajak kelompok pelaut dan warga Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran menanam mangrove, Rabu (12/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PESAWARAN - Komunitas Nelayan Pesisir Lampung mengajak kelompok pelaut dan warga menanam mangrove. Penanaman dilakukan di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Rabu (12/4/2023).

Korwil Komunitas Nelayan Pesisir Lampung Miftahul Lutfi mengatakan, kegiatan itu mencegah bencana. "Karena bisa dilihat sendiri juga di lokasi di sini salah satu yang memiliki dampak bencana yang sangat intens. Yaitu biasanya terjadi bencana alam atau abrasi di pinggir pantai. Jadi, kami harus melakukan upaya untuk pencegahan itu," kata Lutfi di lokasi.

Sebelum penanaman, para relawan pendukung Ganjar Pranowo ini terlebih dahulu memberikan edukasi mengenai pentingnya menjaga ekosistem lingkungan di sepanjang kawasan pantai atau pun laut. Aksi ini sebagai bentuk kepedulian lingkungan.

Para relawan juga memberikan bantuan kepada kelompok nelayan Desa Sukajaya berupa rompi pelampung. Ini sebagai penunjang keselamatan saat para nelayan mencari nafkah dengan melaut.

"Untuk rompi pelampung kami ketahui sendiri ketika para nelayan ke tengah laut ada risiko besar, artinya harus ada safety. Untuk itu kami inisiatif memberikan, dengan begitu nelayan bisa melaut dengan mengutamakan keamanannya terlebih dahulu," jelasnya.

Ketua Kelompok Nelayan Desa Sukajaya Salim bersyukur atas kedatangan para relawan atas bantuan yang diberikan. "Alhamdulillah apalagi ini bulan puasa. Kami bersyukur dan berterima kasih telah dibantu," katanya.

Dia berharap, giat ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan agar dampaknya makin dirasakan oleh kelompok nelayan sekitar. "Alhamdulilah kami sudah diberi pelampung,” lanjutnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)