Kendaraan Pemudik Diprediksi Bakal Menumpuk di Rest Area Baru di Km 81 Tol Cipali

Kamis, 13 April 2023 - 07:39 WIB
loading...
Kendaraan Pemudik Diprediksi Bakal Menumpuk di Rest Area Baru di Km 81 Tol Cipali
Rest area yang baru dibangun di KM 81 Tol Cipali atau tepatnya di wilayah Cibatu, Purwakarta diprediksi berisiko tinggi terjadinya penumpukan kendaraan. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
PURWAKARTA - Ruas Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) bakal dilintasi jutaan kendaraan pada momen mudik Lebaran Idul Fitri 2023. Rest area yang baru dibangun di KM 81 Tol Cipali atau tepatnya di wilayah Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta diprediksi berisiko tinggi terjadinya penumpukan kendaraan.

Kapolres Purwakarta AKBP Edwar Zulkarnain mengatakan, rest area KM 81 Tol Cipali merupakan rest area pertama menuju Cirebon dan ke timur di Pulau Jawa.


Pihaknya akan mempertebal personel di rest area baru yang recananya akan mulai dipungsikan pada Senin 17 April 2023 pekan depan tersebut.

"Petugas saat ini telah melakukan persiapan pengamanan serta pengaturan arus mudik. Sehingga tidak terjadi penumpukan arus di kantung-kantung tempat istirahat seperti rest area. Termasuk di Rest Area KM 81 itu," ungkapnya, Kamis(12/4/2023).

Menurutnya, seluruh persiapan, mulai dari fasilitas dan sumber daya manusia, dipastikan siap sebelum arus mudik dimulai sekitar sepuluh hari sebelum H-10 Lebaran.

Pihaknya mengimbau agar pemudik membawa bekal berbuka puasa sendiri saat mudik lebaran 2023, karena rest area akan membludak saat menjelang magrib atau waktu berbuka puasa. Begitu pemudik agar tidak berhenti di bahu tol. Karena dapat menyebabkan situasi tidak terkendali.


"Setiap tahun, saat musim mudik Lebaran rest area selalu penuh saat menjelang maghrib. Sehingga diimbau para pemudik tidak perlu memaksakan berhenti di rest area untuk makan dan beristirahat. Mungkin bisa memilih waktu yang tepat untuk mudik serta berbuka puasa agar terhindar penumpukan di rest area dan tidak mengganggu pengendara lain dengan berhenti di pinggir jalan tol," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5884 seconds (0.1#10.140)