Achmad Purnomo Beri Sinyal Mundur dari Dunia Politik

Senin, 20 Juli 2020 - 15:31 WIB
loading...
Achmad Purnomo Beri Sinyal Mundur dari Dunia Politik
Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo saat berdinas di Balaikota setempat, Senin (20/7/2020). Foto: SINDOnews/Ary Wahyu Wibowo
A A A
SOLO - Achmad Purnomo memberi sinyal bakal mundur dari dunia politik setelah gagal mendapatkan rekomendasi DPP PDIP sebagai Calon Wali Kota Solo .

Meski demikian, pria yang kini menjabat sebagai Wakil Wali Kota Solo ini siap membantu putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka yang mendapat rekomendasi.

“Kalau sekarang nggak kepingin ke politik, karena ternyata jiwa saya nggak cocok ke politik. Saya itu orang yang terus terang apa adanya," ungkap Achmad Purnomo saat ditemui di Balai Kota Solo, Senin (20/7/2020).(Baca juga: Panggil Saingan Gibran ke Istana, Jokowi Dinilai Salahgunakan Kekuasaan )

Dirinya tetap akan menjadi kader PDIP namun tidak aktif. Kegiatan sosial menjadi pilihan setelah purna tugas sebagai Wakil Wali Kota Solo awal tahun 2021 mendatang.

Sebelum terpilih menjadi Wakil Wali Kota Solo mendampingi FX Hadi Rudyatmo (Rudy), dirinya aktif dalam berbagai organisasi sosial. Selain itu, dirinya juga akan kembali menggeluti dunia bisnis yang agak terbengkalai selama menjadi Wakil Wali Kota. Bisnis yang digeluti antara usaha SPBU, dan istrinya usaha di bidang batik.

Diakuinya, anak dan istri sebenarnya kurang setuju dirinya terjun ke dunia politik. Namun tetap memberikan dukungan ketika sudah menjadi pilihannya. Terjun ke dunia politik ketika tahun 2005 saat maju sebagai Calon Wali Kota Solo. Saat itu, dirinya mulai kenal dan dekat dengan Jokowi yang kala itu juga maju sebagai Calon Wali Kota Solo berpasangan dengan FX Hadi Rudyatmo (Rudy).

Setelah dekat dan mengetahui visi misi sama dengan dirinya, Purnomo tidak maju dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo periode berikutnya. Ketika Jokowi terpilih menjadi Gubernur DKI Jakarta, dirinya didekati untuk menjadi Wakil Wali Kota mendampingi Rudy yang naik menjadi Wali Kota Solo. “Itu juga dorongan dari Pak Jokowi,” ungkapnya.

Kala itu, dirinya berpikir menjadi kesempatan untuk mengabdi ke masyarakat lebih besar. Sehingga dirinya mengajukan pensiun dini dari dosen dan menjadi Wakil Wali Kota Solo. Karena cocok berduet dengan Rudy, mereka kemudian kembali berpasangan di periode kedua pemerintahan.

Achmad Purnomo mengaku tidak kapok terjun ke politik. Namun sementara mau istirahat dari dunia politik.(Baca juga : Jangan Pilih Cabup Cawabup yang Ingin Ubah Pancasila )

Meski demikian, dirinya siap membantu Gibran sebagaimana permintaan Presiden Jokowi saat bertemu belum lama ini. Purnomo mengelak menjawab ketika ditanya apakah bersedia masuk dalam tim pemenangan pasangan Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang mendapat rekomendasi DPP PDIP.

“Belum ditunjuk kok,” urainya. Tak hanya Gibran, dirinya siap membantu siapapun yang nantinya memimpin Kota Solo.(Baca juga: Gibran Diyakini Menang Pilwalkot Solo, Selamat Datang Dinasti Politik Baru )
(nun)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)