Antisipasi Kelangkaan Kebutuhan Pokok, Ini Imbauan Pemkot Batam Jelang Lebaran

Sabtu, 08 April 2023 - 09:59 WIB
loading...
Antisipasi Kelangkaan Kebutuhan Pokok, Ini Imbauan Pemkot Batam Jelang Lebaran
Pemkot Batam, menggimbau masyarakat tidak panik melakukan pembelian kebutuhan pokok menjelang Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah. Foto/Ilustrasi
A A A
BATAM - Mengantisipasi kelangkaan dan kenaikan harga kebutuhan pokok menjelang lebaran, Pemkot Batam mengimbau masyarakat untuk tidak panik melakukan pembelian kebutuhan pokok. Diharapkan, masyarakat tetap melakukan pembelian sesuai kebutuhan.



Menurut Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad untuk saat ini harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Batam, masih cukup terkendali dan terjaga. Ia menambahkan, kenaikan harga pangan biasanya terjadi pada saat mendekati lebaran, karena meningkatnya permintaan sehingga berpengaruh kepada harga.



"Hukum ekonomi berlaku di sana. Namun kami bersama distributor berupaya menekan harga dan memastikan pasokan kebutuhan pokok terkendali. Karena Batam bukan daerah penghasil, sehingga berharap dari luar daerah," kata Amsakar.



Dari penuturan sejumlah pedagang, harga kebutuhan pokok masih stabil, bahkan cenderung menurun bila dibandingkan pekan lalu. Seorang pedagang di Pasar Botania 1 Batam Center, Jasril mengatakan, hingga saat ini harga kebutuhan pokok masih terjangkau.

Jasril juga menyebutkan, kebutuhan pokok di pasar tersebut tidak ada kelangkaan, namun harga masih fluktuatif. "Kalau ada kenaikan sudah pasti dari distributornya. Karena kalau kami di pasar menyesuaikan saja pastinya," ujarnya.



Harga kebutuhan pokok di Pasar Botania 1, diantaranya ayam segar Rp38 ribu per kg, cabai rawit Rp48 ribu per kg, cabai merah keriting Rp48 ribu per kg, bawang merah Rp35 ribu per kg, bawang putih Rp22 ribu per kg, cabai rawit Rp60 ribu per kg, dan harga daging sapi beku Rp95 ribu per kg.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)