Survei Indikator: 91,7 Persen Pengemudi Ojol Setia dan Betah

Sabtu, 08 April 2023 - 00:15 WIB
loading...
Survei Indikator: 91,7 Persen Pengemudi Ojol Setia dan Betah
Mitra Pengemudi GrabBike dan GrabCar saat nonton bareng film asli Indonesia, Pengabdi Setan 2: Communion di Surabaya.
A A A
SURABAYA - Sembilan program yang dibuat Grab Indonesia mengakibatkan mitra pengemudinya setia dan betah. Bahkan, sebanyak 91,7 persen kemungkinan kecil pindah ke platform lainnya.

Angka ini diketahui dari survei yang dilakukan terhadap 1.000 Mitra Pengemudi GrabBike di 7 wilayah: Surabaya, Medan, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Makassar.

Survei dilakukan sepanjang kuartal empat tahun 2022 terhadap loyalitas pengemudi. Sebanyak 83,4% mengaku mendapatkan perhatian besar dari perusahaan. Di Surabaya, 87,3% responden merasa bangga berprofesi ini.

Baca juga: Puluhan Ribu Mitra Grab Terima Apresiasi Total Rp17,2 Miliar

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, pengemudi memiliki peran kunci dalam ekosistem platform kami.

"Tentunya, adalah kewajiban kami untuk menyediakan program-program yang tidak saja dirasakan berguna, tapi juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi kami terhadap para mitra," katanya, Jumat (7/4/2-23.

Dia menyebutkan, jarang persepsi positif yang sangat tinggi seperti ini dapat tercapai. Karenanya, hasil temuan dari survei ini sangat menarik bagi kami sebagai peneliti. Terlebih, 64% responden hanya bergantung pada pemasukan mitra sebagai sumber pendapatan utama.

Peneliti Utama Indikator, Kennedy Muslim mengatakan, 85% responden merasa bangga menjadi mitra dan merekomendasikan platform ini memiliki ketertarikan untuk jadi ojol. Efektivitas program yang diadakan Grab untuk mitra pengemudi juga berdampak sangat positif meningkatkan level kedekatan identitas dan loyalitas kepada Grab yang kami analisa sebagai driver engagement.

"Aspek ini kemungkinan juga diperkuat dengan perbaikan dampak ekonomi yang dirasakan oleh 89,3% responden dan keleluasaan dalam mengatur waktu kerja yang diinginkan oleh 92,2% responden,” ujar Kennedy Muslim
.
Survei ini berlangsung 22 Februari hingga 15 Maret 2023 melalui wawancara tatap muka. Penelitian dilakukan dengan metode random sampling, dengan margin of error survei diperkirakan +/- 4.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Survei ini menunjukkan, dari sembilan inisiatif yang dilakukan oleh Grab Indonesia di kuartal empat tahun 2022, terdapat lima program yang dirasa paling menarik oleh responden, yaitu GrabModal, GrabBenefits Day, GrabScholar: Program Beasiswa Grab, Kopdar Komunitas, Hari Mitra Grab
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3432 seconds (0.1#10.140)