Ngabuburit, Ratusan Milenial di Serang Ikuti Khotmil Al-Qur'an

Jum'at, 07 April 2023 - 22:09 WIB
loading...
Ngabuburit, Ratusan Milenial di Serang Ikuti Khotmil Al-Quran
Relawan Srikandi Ganjar Banten mengadakan Khotmil Al-Qur’an bersama para perempuan di Desa Ukirsari, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Jumat (7/4/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERANG - Relawan Srikandi Ganjar Banten mengadakan Khotmil Al-Qur’an bersama para perempuan di Desa Ukirsari, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang. Kegiatan ini diikuti lebih dari 200 perempuan.

Dalam kegiatan yang digelar Jumat (7/4/2023) ini, Srikandi Ganjar menggandeng Organisasi Pemuda Kejuruan Bayur (OPKB). Khotmil Al-Qur’an merupakan istilah untuk kegiatan pembacaan Al-Qur’an dari awal hingga akhir surah.

Korwil Srikandi Ganjar Banten, Ila Kholilannisa menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengisi waktu tunggu berbuka puasa. Pembacaan Al-Qur’an dipimpin oleh salah satu tokoh agama setempat.

"Karena di bulan puasa, kami ingin memanfaatkan dengan kegiatan yang menambah pahala. Kami mengajak milenial-milenial khususnya di Kecamatan Bojonegara ini, untuk bersama-sama mengadakan khataman Al-Qur’an sambil menunggu buka puasa," katanya.

Ini menjadi salah satu kegiatan Srikandi Ganjar Banten dalam rangkaian menyemarakkan Ramadan dengan berbagai kegiatan positif. Ila berharap, selain untuk mengisi waktu luang, kegiatan ini juga agar para peserta mendapat pahala dan keberkahan bulan Ramadan.

Dia juga ingin kegiatan tadarus Al-Qur’an ini bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari oleh peserta. "Kami mengadakan acara ini juga terinspirasi dari Pak Ganjar yang merupakan pemimpin yang sangat menghargai tradisi-tradisi Islam. Seperti di sini khataman dan tadarus," ujarnya.

Srikandi Ganjar Banten pun berkomitmen untuk terus menebar kegiatan bermanfaat lainnya, khususnya di bulan Ramadan. Mulai dari sahur bersama, hingga pelatihan membuat hampers untuk Lebaran.

Perwakilan OPKB, Siti Umroh berhatap kolaborasi antara Srikandi Ganjar Banten dengan OPKB bisa terus berlanjut. "Semoga Srikandi Ganjar Banten bisa balik lagi ke sini dan bergabung bersama kami. Karena kami di sini ada kegiatan lainnya seperti senam dan voli untuk anak muda. Semoga ada kegiatan baru lainnya," katanya.

Siti juga mengapresiasi kegiatan Khotmil Al-Qur’an yang terselenggara di wilayahnya. Dia menyebut, kegiatan tersebut memiliki berbagai manfaat.

Mulai dari mengisi waktu luang, mendapat pahala Ramadan, hingga manfaat untuk para pedagang kecil di sekitar wilayahnya. Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut para relawan juga membagikan takjil secara gratis kepada para peserta dan masyarakat sekitar. Takjil-takjil tersebut dibeli dari para pedagang kecil di lingkungan sekitar.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)