Amankan Jalur Mudik, Polda Sumsel Dirikan 58 Pos Pengamanan di Daerah Rawan

Jum'at, 31 Maret 2023 - 17:53 WIB
loading...
Amankan Jalur Mudik, Polda Sumsel Dirikan 58 Pos Pengamanan di Daerah Rawan
Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, bahwa dalam arus mudik lebaran tahun 2023, pihaknya akan mendirikan sebanyak 58 pos pengamanan. (Ist)
A A A
PALEMBANG - Untuk menjaga kelancaran dan keamanan lalu lintas selama arus mudik lebaran tahun 2023, Polda Sumatera Selatan (Sumsel) akan mendirikan puluhan pos pengamanan.

Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi mengatakan, bahwa dalam arus mudik lebaran tahun 2023, pihaknya akan mendirikan sebanyak 58 pos pengamanan untuk menjaga kelancaran dan keamanan lalu lintas.

"Kita menyiapkan setidaknya 58 pos pengamanan yang disiapkan dan disebar di seluruh wilayah jajaran Polda Sumsel," ujar Kombes Pol Supriadi, Jumat (31/3/2023).

Selain pos keamanan, sambung Supriadi, pihaknya juga akan menyiagakan sebanyak 10 pos terpadu, pos pelayanan sebanyak 22 pos dan satu pos pantau.
"Fungsi dari pos keamanan yang dibuat sepanjang ruas jalan yang dilewati pemudik itu dapat dimanfaatkan menjadi tempat istirahat," jelasnya.

Selain dijadikan tempat istirahat, puluhan pos yang didirikan tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan terkait dengan rute atau kondisi jalan yang hendak dilewati pemudik.

"Kita akan menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan masyarakat saat melakukan kegiatan mudiknya," jelasnya.

Terkait puncak arus mudik, Supriadi memprediksi jika akan terjadi pada 20 April 2023, sedangkan puncak arus balik terjadi pada 26 dan 30 April 2023 mendatang.

"Kita sudah memprediksinya dan mempersiapkannya, sehingga dalam penerapannya tidak akan terjadi hambatan," jelas Supriadi.

Baca: Jadi Korban Pelecehan dan Nyaris Diperkosa, Mahasiswi di Palembang Lapor Mantan Pacar ke Polisi.

Dalam pengamanan jalur yang dinilai rawan, kata Supriadi, Polda Sumsel juga menambah beberapa personel untuk melakukan patroli sebagai antisipasi terjadinya aksi kriminal di daerah tersebut.

"Anggota di lapangan tidak akan segan melakukan tindakan tegas dan terukur jika ada oknum yang hendak mengganggu keamanan, termasuk di titik-titik yang dianggap rawan akan kita lakukan patroli rutin," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1056 seconds (0.1#10.140)