Gubernur Wayan Koster Sebut Kehadiran Timnas Israel Berpotensi Bahayakan Keamanan Masyarakat Bali

Kamis, 30 Maret 2023 - 16:14 WIB
loading...
Gubernur Wayan Koster Sebut Kehadiran Timnas Israel Berpotensi Bahayakan Keamanan Masyarakat Bali
Gubernur Bali I Wayan Koster akhirnya buka suara soal alasannya menolak Timnas Israel berlaga di Bali. (Ist)
A A A
DENPASAR - Gubernur Bali I Wayan Koster akhirnya buka suara soal alasannya menolak Timnas Israel berlaga di Bali. Kehadiran Timnas Israel berpotensi membahayakan keamanan dan keselamatan.

"Kehadiran Tim Israel di Bali berpotensi menjadi sasaran dari berbagai pihak yang bisa membahayakan keamanan dan keselamatan masyarakat Bali, masyarakat Indonesia serta Tim Israel selama bertanding di Bali," kata Koster dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/3/2023).

Menurutnya, potensi itu bisa berdampak kepada pariwisata Bali. Apalagi selama ini semua pihak telah bekerja keras dalam pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, sehingga baru saja bisa bangkit kembali pasca pandemi COVID-19.

"Bali merupakan pulau Dewata yang menjadi pusat spiritual, kedamaian dan kemanusiaan dikedepankan yang harus dijaga dengan sebaik-baiknya," imbuhnya.

Koster menegaskan dirinya tidak menolak kejuaraan dunia FIFA U-20, melainkan hanya menolak kehadiran Timnas Israel bertanding di Bali.

Ini karena Israel telah puluhan tahun menjajah Palestina serta tidak menghormati kedaulatan dan kemanusiaan bangsa Palestina. "Ini tidak sesuai dengan garis politik Bung Karno," ujar ketua DPD PDIP Bali ini.

"Ini merupakan prinsip yang harus dipegang teguh dengan kokoh serta harus disuarakan dan disampaikan kepada masyarakat luas," imbuh Koster.

Baca: Tertangkap Polisi Bawa Narkoba, Kurir Sabu di Pagaralam Bakal Lebaran di Penjara.

Koster yang mengaku pecinta bola sangat mengharapkan Kejuaraan Dunia FIFA U-20 juga dilaksanakan di Bali. "Namun event ini tidak bisa dipisahkan dari prinsip kemanusiaan sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi dan Bung Karno," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)