Antisipasi Pemudik Motor saat Lebaran, Pelabuhan Panjang Siapkan 1 Dermaga dan 8 Loket Penukaran Tiket

Rabu, 29 Maret 2023 - 11:03 WIB
loading...
Antisipasi Pemudik Motor saat Lebaran, Pelabuhan Panjang Siapkan 1 Dermaga dan 8 Loket Penukaran Tiket
Manager Komersial PT Pelindo Regional 2 Panjang, Miftah Fajrisal. Foto Ira Widyanti/MNC Portal
A A A
BANDARLAMPUNG - Pelabuhan Panjang akan menyiapkan satu dermaga dan delapan loket penukaran tiket untuk mengantisipasi pemudik yang menggunakan sepeda motir. Langkah ini diambil karena Pelabuhan Panjang kembali digunakan sebagai moda transportasi penyeberangan laut pada angkutan mudik Lebaran tahun 2023.

Manager Komersial PT Pelindo Regional 2 Panjang, Miftah Fajrisal mengatakan, pada momen mudik lebaran tahun 2023 ini PT Pelindo 2 akan menyiapkan satu dermaga di Pelabuhan Panjang.

Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan Pelabuhan Panjang, Bandarlampung dan Pelabuhan Ciwandan Banten sebagai lokasi penyeberangan yang akan difokuskan untuk pemudik motor.

Selain menyiapkan satu dermaga khusus, kata Miftah, di Pelabuhan Panjang melalui PT ASDP Indonesia Ferry juga pihaknya telah menyiapkan delapan loket penukaran tiket.

"Kami siapkan dermaga C yang memiliki panjang 377 meter, dari ASDP juga menyiapkan tiket poin kurang lebih delapan," ujar Miftah Fajrisal saat diwawancarai, Rabu (29/3/2023).

Miftah menuturkan, selain pelabuhan dan loket Penukaran tiket, di Pelabuhan Panjang nantinya juga akan disiapkan fasilitas pendukung seperti buffer zone dan fasilitas lainnya bagi para pemudik.

"Untuk daerah pendukung seperti buffer zone kami siapkan 1,5 hektare dan disiapkan juga fasilitas penumpang," ucapnya.
Miftah menjelaskan, berdasarkan informasi yang didapat dari PT ASDP Indonesia Ferry, di Pelabuhan Panjang akan disediakan tiga kapal untuk operasional khusus Lebaran mendatang.

"Tentunya kami sudah persiapkan dari jauh-jauh hari dan sudah berkoordinasi dengan ASDP dari sisi penyediaan dua kapal dan ada juga dari Pelni untuk mempersiapkan satu kapal juga. Jadi akan ada tiga kapal yang beroperasi," jelasnya.

Miftah mengungkapkan, Pelabuhan Panjang siap untuk membantu melancarkan momen arus mudik Lebaran tahun ini yang diprediksi akan mengalami peningkatan sekitar 123 persen.

"Untuk tahun ini memang sudah diinformasikan dari Kemenhub bahwa kita jadi salah satu pelabuhan untuk mendukung angkutan Lebaran, bahwa akan ada jalur dari Ciwandan ke Panjang khusus untuk pemudik motor. Saat ini untuk persiapan masih terus kami lakukan dan masih berkoordinasi baik dengan Kemenhub, maupun dengan instansi terkait lainnya," pungkasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3702 seconds (0.1#10.140)