Waspada! Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sulut

Sabtu, 25 Maret 2023 - 10:51 WIB
loading...
Waspada! Gelombang Laut Setinggi 2,5 Meter Berpotensi Terjadi di Perairan Sulut
Gelombang laut setinggi 2,5 meter berpotensi terjadi di sejumlah wilayah di Sulawesi Utara (Sulut). Foto/Ilustrasi
A A A
MANADO - Gelombang laut setinggi 2,5 meter, berpotensi terjadi di sejumlah wilayah perairan Sulawesi Utara (Sulut). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat, untuk meningkatkan kewaspadaan.



Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Bitung, Ricky Daniel Aror mengatakan, BMKG telah mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang laut setinggi 2,5 meter hingga Minggu (26/3/2023).



"Pada umumnya arah angin bertiup dari utara ke timur, dengan kecepatan 6-20 knots. Kecepatan angin tertinggi berpeluang terjadi di sebelah utara Laut Sulawesi bagian timur, hingga perairan utara Kabupaten Kepulauan Sangihe," ungkap Ricky.



Ricky menjelaskan, gelombang laut dengan ketinggian 1,25-2,5 meter, yang masuk dalam kategori sedang, berpotensi terjadi di Laut Sulawesi bagian tengah dan timur, perairan Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan perairan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Lebih lanjut Ricky berharap, masyarakat memperhatikan risiko tinggi gelombang laut tersebut, terhadap keselamatan pelayaran, untuk perahu nelayan, kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.



Kapal tongkang, kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter. Sedangkan untuk jenis kapal feri, kecepatan angin lebih dari 21 knot, dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)