Polres Blitar Libatkan Pesilat Jaga Kamtibmas Selama Ramadhan

Rabu, 22 Maret 2023 - 17:01 WIB
loading...
Polres Blitar Libatkan Pesilat Jaga Kamtibmas Selama Ramadhan
Polres Blitar Kota siap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsungnya bulan Ramadhan. Foto ilustrasi
A A A
BLITAR - Polres Blitar Kota siap menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat ( Kamtibmas ) selama berlangsungnya bulan Ramadhan. Untuk menjaga keamanan, Polres Blitar Kota akan menggandeng seluruh perguruan silat yang ada di Blitar Raya.

“Kita bersama-sama menjaga situasi agar tetap aman, damai dan sejuk pada bulan ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Kasi Humas Polres Blitar Kota AKP Achmad Rochan kepada wartawan Rabu (22/3/2023).
Jumlah perguruan silat di wilayah Blitar Raya (Kota dan Kabupaten Blitar) lumayan banyak. Dari informasi yang dihimpun, ada sekitar 11 perguruan silat di Blitar Raya, yakni di antaranya PSHT, Porsigal, Tapak Suci, Cempaka Putih, Perisai Diri dan lain sebagainya.

Masing-masing perguruan silat memiliki jumlah anggota yang cukup besar. Dengan dilibatkan menjaga kamtibmas, para perguruan silat diharapkan mampu meredam aktifitas para pendekar yang berpotensi mengundang perselisihan.

Yakni misalnya arak-arakan atau konvoi di jalan raya. Di beberapa kasus yang terjadi, konvoi pesilat seringkali menimbulkan kericuhan antar perguruan. Ricuh atau pertikaian para pesilat kerap dipicu oleh ego antarperguruan.

Dalam rapat koordinasi (rakor) yang digelar Polres Blitar Kota bersama antar perguruan silat, kata Rochan para pimpinan perguruan diharapkan mampu membimbing para anggotanya.

Ada upaya pengendalian yang lebih intensif terhadap para pesilat, yakni khususnya mereka yang berusia muda dan sekaligus mudah terbakar emosi.

Demi tercapainya situasi sosial yang kondusif, para pendekar perguruan silat diharapkan bisa mematuhi ketentuan hukum yang berlaku. “Warga pesilat diajak bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Blitar Raya,” ungkapnya.

Ajakan Polres Blitar Kota mendapat sambutan positif para pimpinan perguruan silat. Perwakilan PSHT Nurul Budiana mengatakan pihaknya siap berkomitmen menjaga kamtibmas bersama-sama, khususnya selama bulan ramadhan hingga Idul Fitri.

Sebagai simbolisasi, para perguruan silat juga akan memasang banner di masing-masing wilayah yang sekaligus mencantumkan logo perguruan silat secara kolektif. “Kami berkomitmen menjaga kamtibmas di Blitar Raya agar senantiasa kondusif,” ujarnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3396 seconds (0.1#10.140)