Harga Gabah Tinggi dan Hasil Panen Bagus, Petani Majalengka Senang

Rabu, 22 Maret 2023 - 16:23 WIB
loading...
Harga Gabah Tinggi dan Hasil Panen Bagus, Petani Majalengka Senang
Salah satu petani saat menunggui jemuran padi hasil panennya. Foto/MPI/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Petani di Majalengka tahun ini sangat gembira, sebab selain hasil panen bagus, harga gabah pun tinggi. Dibanding masa panen periode yang sama tahun lalu, harga gabah tahun ini jauh lebih tinggi. Untuk gabah kering, dibanderol sebesar Rp530 ribu per kwintal.

Adapun gabah basah sebesar Rp560 ribu per kwintal. "Musim rendeng (musim hujan, panen pertama) kemarin mah Rp380 ribu untuk kering dan Rp560 untuk basah," kata Didi, salah satu petani di Desa Bantarwaru, Kecamatan Ligung, Rabu (22/3/2023).



Harga tersebut tentunya menjadi angin segar bagi para petani. Apalagi saat ini hasil panen mereka terbilang jauh lebih bagus dibanding sebelum-sebelumnya."Padi juga hasilnya bagus, minim hama. Nggak kaya sebelum-sebelumnya. Alhamdulillah, itung-itung bekal buat munggahan," papar dia.

Disinggung pemasaran, Didi mengaku biasa menjual gabah hasil panennya itu langsung kepada bandar, pemilik penggilingan. Para bandar itu biasa mencari gabah ke para petani langsung yang tanaman padinya sudah mulai masuk panen.

"Banyak dari daerah (Kabupaten) Indramayu, Cirebon. Mereka cari calon pembeli. Jadi, begitu selesai panen, langsung diangkut," ungkap dia.
Disinggung terkait Bulog, Didi mengaku tidak pernah mendengar informasi adanya pembelian gabah oleh BUMN itu ke para petani.
"Nggak pernah denger. Selama ini mah saya jual hasil panen teh, gitu, ke bandar. Ya, setengah dijual, setengahnya lagi buat makan dan kebutuhan sampai masuk musim tanam lagi, Alhamdulillah terpenuhi," beber dia.

Didi sendiri saat ini menggarap lahan seluas 1 hektare. Dari luas lahan tersebut, dirinya mendapat hasil 5 ton. "Saya juga suka ikut buburuh ke orang lain. alhamdulillah, tercukupilah," kata Didi berapi-api.

Ilyas, petani lainnya juga mengaku bersyukur hasil panen tahun ini cukup bagus. "Iya, nggak ada gangguan wereng, tikus atau hama lainnya. Alhamdulillah, bagus. Ini nggak di sini aja, di daerah lain juga katanya bagus hasilnya," jelas Ilyas semringah.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)