Tertinggi Nasional, 8 Desa Wisata di Jawa Timur Raih ADWI 2023

Rabu, 22 Maret 2023 - 11:11 WIB
loading...
Tertinggi Nasional, 8 Desa Wisata di Jawa Timur Raih ADWI 2023
Zona KIP (Kreatif, Inovatif dan Produktif) di Desa Wisata Poetoek Soeko, Desa Sukosari, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.Foto/dok
A A A
SURABAYA - Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah mencapai tahap akhir pengumuman 75 Desa Wisata Terbaik. Pengumuman disampaikan langsung oleh Menparekraf RI, Sandiaga Salahudin Uno secara online melalui Instagram @kemenparekraf.ri pada hari Selasa (21/3/2023) malam.

Dari pengumuman tersebut diketahui bahwa Provinsi Jawa Timur (Jatim) berada di urutan pertama menyumbangkan delapan Desa Wisata Terbaik. Jumlah itu menjadi yang tertinggi nasional dibandingkan provinsi lain, yakni Sulawesi Selatan dan Jawa Barat masing-masing ada tujuh Desa Wisata Terbaik, serta Jawa Tengah dan Sumatera Barat dengan masing-masing lima Desa Wisata Terbaik.

Usai pengumuman final peraih ADWI 2023, selanjutnya akan dilakukan peninjauan dan penilaian secara langsung ke 75 Desa Wisata Terbaik oleh Menparekraf RI bersama para dewan juri. "Jadikan capaian ini sebagai motivasi untuk terus mengembangkan Desa Wisata yang berkualitas dan berkelas dunia," pesan Sandiaga Uno.

Baca juga: Libur Nyepi, Penumpang di Bandara Internasional Juanda Meningkat

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi hasil pengumuman ADWI 2023.

"Alhamdulillah, delapan Desa Wisata di Jawa Timur telah terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik. Dari total 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia, Jawa Timur berhasil menyumbangkan jumlah tertinggi, delapan Desa Wisata. Semoga bisa membantu percepatan pemulihan ekonomi dari sektor pariwisata dan mendukung tercapainya target kunjungan wisata ke Jawa Timur mencapai 238 juta wisatawan di 2023," kata Khofifah, Rabu (22/3/2023).

Adapun delapan Desa Wisata Terbaik di Jatim Peraih ADWI 2023 di antaranya Desa Wisata Kampung Heritage Kajoetangan (Kota Malang), Desa Wisata Edelweiss Wonokitri (Kabupaten Pasuruan), Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo (Situbondo), dan Desa Wisata Duren Sari Sawahan (Trenggalek). Selain itu ada pula Desa Wisata Ketapanrame (Kab Mojokerto), Desa Wisata Bira Tengah (Sampang), Desa Wisata Sendang (Pacitan) dan Desa Wisata Bowele (Kabupaten Malang).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim, Hudiyono menjelaskan, proses kurasi telah dilakukan secara cermat oleh dewan juri dari Kemenparekraf RI. Setelah diumumkan Sabtu (18/3/2023) total ada 49 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos masuk 500 besar nasional.

Selanjutnya pada Minggu (19/3/2023) proses seleksi berlanjut ke tahap 300 besar. Tercatat ada 29 Desa Wisata di Jawa Timur yang lolos pada tahap tersebut. "Hingga akhirnya terpilih delapan Desa Wisata Terbaik dari Jawa Timur yang meraih ADWI 2023," katanya.

Ia menjelaskan, capaian ADWI 2023 ini menjadi yang tertinggi dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun 2022 total hanya empat Desa Wisata Terbaik meraih ADWI, yakni Desa Wisata Pandean di Kabupaten Trenggalek, Desa Wisata Semen di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Keris di Kabupaten Sumenep, dan terakhir di Desa Wisata Tirta Agung di Kabupaten Bondowoso. "Sebelumnya di tahun 2021 Jatim menyumbang enam Desa Wisata Terbaik," ujarnya.

Desa Wisata Terbaik itu antara lain, Desa Wisata Tamansari di Banyuwangi, Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Desa Wisata Serang di Kabupaten Blitar, Desa Wisata Kampung Majapahit Bejijong di Kabupaten Mojokerto, Desa Wisata Sanankerto di Kabupaten Malang dan Desa Wisata Kampung Blekok di Situbondo. Satu Desa Wisata yakni Pujon Kidul di Kabupaten Malang mendapatkan penghargaan khusus Mandiri Inspiratif.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1398 seconds (0.1#10.140)