Pria Asal Malang Kirim Wafer ke Lapas Ternyata Berisi Sabu

Selasa, 21 Maret 2023 - 09:21 WIB
loading...
Pria Asal Malang Kirim Wafer ke Lapas Ternyata Berisi Sabu
Wafer berisikan enam paket sabu disita Satnarkoba Polresta Malang Kota dari Lapas Malang (Avirista Midaada / MPI)
A A A
MALANG - Nasib apes dialami Frendo, warga Pakis, Kabupaten Malang yang bermaksud mencari kerja tiba-tiba harus berurusan dengan aparat penegak hukum. Frendo tertangkap basah petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Malang saat membawa makanan wafer yang didalamnya berisi sabu.

Kasatnarkoba Polresta Malang Kota Kompol Eka Wira Dharma Sibarani menuturkan, awalnya Frendo pengantar sabu yang dikemas dalam bentuk wafer ini mengunggah permintaan info mencari lowongan kerja di media sosial. Dari sanalah pria pengangguran ini kemudian ditawari oleh seseorang yang dikenalnya dari media sosial untuk mengantarkan sebuah paket yang ia tidak ketahui.

"Jadi yang bersangkutan ini disuruh orang kenalan dari media sosial untuk mengantarkan barang, kebetulan yang bersangkutan juga mengunggah di medsosnya lagi butuh uang," ucap Eka Wira Dharma ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa pagi (21/3/2023).

Pengirim narkoba jenis sabu ke Lapas Malang ini dijanjikan uang Rp 100 ribu oleh kenalannya dari media sosial. Tak hanya itu, ia juga diberikan makanan, kaos, dan deterjen untuk kebutuhan sehari-harinya. Tetapi ia tidak tahu bila paket makanan wafer yang dikirimnya ke dalam Lapas berisikan narkoba.

Baca juga: Pemotor Berjaket Ojol Lempar Selang Air Berisi 3.000 Pil Koplo ke Lapas Kediri

"Jadi dia nggak tahu, yang ngasih itu siapa, di dalamnya apa juga nggak tahu, tergiur karena memang posting butuh uang di medsos, tergiur uangnya saja," ungkapnya.

Polisi sendiri menyita wafer yang di dalamnya sudah dikemas sabu di dalam enam paket aluminium foil. Sabu itu dimasukkan ke tengah - tengah wafer dan kemudian dilem lagi oleh pengirimnya. Tetapi kecurigaan dan ketelitian petugas Lapas Malang membuat aksi penyelundupan sabu pada Kamis (16/3/2023) itu berhasil digagalkan petugas Lapas.

"Kami menerima barang buktinya dari Lapas narkoba jenis sabu 4,61 gram yang diselundupkan dalam bentuk wafer," ujarnya.

Kini nasib Frendo masih dimintai keterangan polisi, ia dikenai wajib lapor karena sesuai dengan pemeriksaan dan hasil interogasi dinilai kurang cukup bukti mengarah ke Pasal 112 Undang-undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

"Pembuktiannya masih sulit ke 112, yang bersangkutan juga belum menerima uang 100 ribunya, kita periksa urinenya juga negatif, dia juga nggak pernah makai, dia nggak tahu barangnya itu apa, cuma disuruh saja. Statusnya masih saksi, kita interogasi dulu, habis pemeriksaan wajib lapor," paparnya.

Kasatnarkoba yang baru menjabat beberapa hari di Polresta Malang Kota mengimbau agar masyarakat tidak tergiur dengan iming-iming uang, jika diminta mengantarkan barang yang tidak diketahui isinya apa. Mengingat saat ini biasanya pengedar narkoba memanfaatkan masyarakat yang butuh secara ekonomi untuk menjadi kurir.

"Masyarakat kami himbau selektif, jangan asal mau saja dimintai mengirim barang dengan iming-iming uang. Harus ditanyakan apa barang itu, dikirim ke mana, kalau itu barang terlarang seperti narkoba, bisa berurusan dengan hukum," tukasnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)