Resta Pendopo KM 456 Tampilkan 9 Desa Wisata dari Kabupaten Semarang

Kamis, 16 Maret 2023 - 15:33 WIB
loading...
Resta Pendopo KM 456 Tampilkan 9 Desa Wisata dari Kabupaten Semarang
PT Astari Marga Sarana selaku pengelola Resta Pendopo KM 456 bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menyelenggarakan Festival Berkah Bumi (FBB ) 2023. (Ist)
A A A
SEMARANG - PT Astari Marga Sarana selaku pengelola Resta Pendopo KM 456 bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang sebagai pemangku kedudukan bidang pariwisata menyelenggarakan “Festival Berkah Bumi” (FBB ) 2023, yang akan diselenggarakan pada tanggal 11-19 Maret 2023.

FBB merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan di kawasan Resta Pendopo KM 456-B (arah ke Semarang). Festival ini akan mengangkat berbagai
aspek kearifan lokal berupa hasil bumi, kebudayaan daerah, pariwisata dan UMKM yang berada di wilayah sekitar Resta Pendopo KM 456.

Presiden Direktur PT Astari Marga Sarana Michael Atmoko menyampaikan, Melalui festival ini, pihaknya ingin memperkenalkan kearifan lokal daerah yang berada di wilayah sekitar Resta Pendopo KM 456, baik itu dari sisi hasil bumi, kebudayaan, pariwisata dan juga UMKM-nya.

"Kami berharap FBB 2023 juga mampu menghadirkan satu kolaborasi yang dapat menciptakan pengalaman baru dan menjadi daya tarik bagi wisatawan pada umumnya dan pengguna jalan tol pada khususnya," ujar Micahel.

Diselenggarakan pada 11-19 Maret 2023, pemilihan tanggal ini berkaitan dengan salah satu momentum besar Kabupaten Semarang, yaitu HUT Kabupaten Semarang ke-502 yang jatuh pada tanggal 15 Maret 2023.

Hadir dengan konsep “Gerbang wisata Jawa Tengah” khususnya untuk Kabupaten Semarang, FBB 2023 diharapkan dapat menjadi satu rangkaian event HUT
Kabupaten Semarang dengan warna dan ruang yang baru.

Heru Subagyo Kepala Dinas Pariwisata Semarang berharap, event
kolaborasi ini akan mampu menggeliatkan potensi wisata di Kabupaten Semarang.

"Selain itu, dengan adanya event ini kami berharap Resta Pendopo KM 456 dapat menjadi gerbang pariwisata Kabupaten Semarang untuk memperkenalkan potensi-potnesi yang ada kepada wisatawan secara luas," ujar Heru.

Mengangkat kearifan lokal, FBB 2023 akan menghadirkan booth exhibition dari berbagai unsur lokal Kabupaten Semarang, di antaranya seperti, Desa Wisata Lerep, Srumbung Gunung, Gemawang, Ujung Ujung, Kadirejo, Sepakung, Rembes, Winongsari Genuk, dan lain-lain obyek wisata Taman Bunga Celosia, Taman Wisata Umbul Sidomukti; kuliner khas tradisional dari desa wisata seperti rujak degan, pecel turi, glok glok, buntil; UMKM dan craft seperti caping,
besek, gerabah; dan hasil bumi (susu , kopi dan buah-buahan) unggulan Kabupaten Semarang.

Sebagai pendukung dan daya tarik wisatawan, pihak panita FBB 2023 juga akan menampilkan berbagai workshop dan kesenian daerah, seperti, tarian khas Desa Wisata, musik tradisional, kesenian unggulan, berbagai workshop craft dan kerajinan (workshop ecoprint, workshop olahan jamu, workshop membatik, lukis caping, dll).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.0003 seconds (0.1#10.140)