Kunjungan Turis Meningkat, Pemerintah Diminta Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan Asing

Jum'at, 17 Maret 2023 - 06:13 WIB
loading...
Kunjungan Turis Meningkat, Pemerintah Diminta Tingkatkan Lama Tinggal Wisatawan Asing
Anggota DPRD Kobar Rizky Aditya Putra mendorong pemerintah kabupaten (pemkab) berkolaborasi dengan pelaku wisata bersama-sama mengatur lama tinggal wisatawan asing yang berkunjung ke Kobar. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Anggota DPRD Kotawaringin Barat (Kobar) Rizky Aditya Putra mendorong pemerintah kabupaten (pemkab) berkolaborasi dengan pelaku wisata bersama-sama mengatur lama tinggal wisatawan asing yang berkunjung ke Kobar.

Menurutnya, pengaturan itu perlu dilakukan mengingat jumlah kunjungan wisatawan ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP) pascapandemi COVID-19 diprediksi bakal meningkat.

Sehingga hal ini harus dimanfaatkan dengan baik, mulai dari segi peningkatan sarana prasarana, Daya Tarik Wisata (DTW) maupun promosi.

"Sangat-sangat mendukung. Sebenarnya itu yang harus digalakkan bagaimana pemerintah juga ikut andil, minimal memasang billboard di pelabuhan TNTP supaya menarik mereka masuk ke kota dan minta ke pelaku wisata minta 1 hari tambahan," kata Rizky, Jumat 17 Maret 2023.

Ia menilai semakin lama wisatawan asing tinggal di Kobar dan mengunjungi destinasi wisata lain selain TNTP, maka akan memicu multi player yang lebih besar. Usaha yang digeluti masyarakat akan lebih hidup yang berujung pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Itu harus didorong. Nanti coba akan saya sampaikan dalam pandangan fraksi dalam rapat pembahasan supaya menarik wisatawan asing ke dalam kota dan tempat wisata lainnya," ujar dia.

Di samping itu, lanjutnya, dalam upaya pengaturan lama tinggal wisatawan, selain melibatkan pelaku wisata, Pemkab Kobar juga perlu melibatkan pelaku usaha lain seperti pelaku usaha kuliner, perhotelan, maskapai, kafe, sanggar tari dan sebagainya.

"Tinggal cara kita bersama bagaimana membuat inovasi menarik banyak-banyak wisatawan ke kota. Kita juga harus jemput bola, misal ke Bali atau Lombok mengenalkan destinasi wisata selain TNTP.”

Berdasarkan data BPS Kobar pada 2022 lalu, rata-rata lama jumlah kunjungan ke Kobar terbilang masih rendah yaitu hanya 1,5 hari.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0964 seconds (0.1#10.140)