alexametrics

Tiap Tahun Penderita Katarak Bertambah 300 Ribu

loading...
Tiap Tahun Penderita Katarak Bertambah 300 Ribu
Permadi saat melakukan operasi katarak geratis di Yogyakarta.(Foto : Muji/ Koran SINDO)
A+ A-
YOGYAKARTA - Jumlah penderita katarak di Indonesia cukup tinggi mencapai 1,5 % dari populasi penduduk atau lebih dua juta jiwa.

Dimana jumlah tersebut terus meningkat karena setiap tahunnya bertambah sekitar 300.000 penderita katarak baru.

Ketua Persatuan Dokter Ahli Mata Indonesia (Perdami) Yogyakarta Agus Supartoto mengatakan, sejauh ini jumlah dokter mata baru ada 1200 orang.



Meski upaya untuk menangani pasien katarak terus dilakukan, namun setiap tahunnya masih banyak yang belum dapat tertangani.

"Padahal pasien katarak itu terus bertambah, setiap tahunnya sampai 300 ribu orang," katanya dalam kegiatan operasi katarak gratis di RS Bethesda Yogyakarta, Jumat (25/9/2015).

Ketidaktahuan masyarakat bahwa katarak dapat disembuhkan dengan operasi, juga ketidakmampuan biaya untuk pengobatan membuat jumlah penderita katarak itu terus meningkat.

Sehingga dengan semakin banyak kegiatan bakti sosial operasi katarak gratis diakui Agus dapat mempercepat penanganan pengobatan penderita katarak.

"Denga bakti sosial dapat mempercepat, dengan BPJS Kesehatan juga mulai mempercepat, sekarang rumah sakit banyak yang penuh pasien katarak," pungkasnya.
(nag)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak