Pemudik Tahun Ini Diprediksi Meningkat, Kuota Mudik Gratis BUMN 2023 Diperbanyak

Rabu, 15 Maret 2023 - 15:48 WIB
loading...
Pemudik Tahun Ini Diprediksi Meningkat, Kuota Mudik Gratis BUMN 2023 Diperbanyak
PT Jasa Raharja menambah kuota mudik gratis menyusul prediksi lonjakan pemudik pada Lebaran 2023. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - PT Jasa Raharja memprediksi jumlah pemudik pada momen Lebaran 2023 ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Direktur Utama PT Jasa Raharja, Rivan Achmad Purwantono mengatakan, ada 123 juta pemudik yang akan pulang kampung di Lebaran 2023 ini.



"Jadi kalau melihat prediksi dari Kementerian Perhubungan, pemudik ini naik sampai 123 juta, dari sebelumnya 85 juta," ucap Rivan saat press conference Mudik Di Nanti, Mudik di Hati Bersama BUMN Tahun 2023 di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (15/3/2023).
Dengan kondisi tersebut, lanjutnya, Kementerian BUMN menyiapkan 65.000 lebih kuota mudik gratis untuk Lebaran 2023. "Artinya, prediksi inilah kemudian Kementerian BUMN menyiapkan dari sebelumnya 40.000 pemudik menjadi lebih dari 65.000," ungkapnya.

Rivan mengatakan, pendaftaran mudik gratis untuk Lebaran 2023 sudah dimulai pada hari ini, Rabu (15/3/2023). "Tanggal 15 ini ada kita lakukan pembukaan pendaftaran, sehingga masyarakat bisa melakukan pendaftaran mulai dari sekarang," imbuhnya.

Rivan menyebut, nantinya, masyarakat bisa memilih moda transportasi yang akan digunakan. Selain itu, masyarakat juga bisa mendaftarkan maskimal 4 orang untuk mudik gratis Lebaran 2023 ini.

"Bisa memilih nanti berangkat moda transportasinya juga apa, sehingga lebih siap lebih awal dan memilih lokasi moda dengan sangat baik dan setiap satu keluarga bisa melakukan pendaftaran untuk 4 orang," katanya.

Menurutnya, dengan adanya program mudik gratis ini dapat mengalihkan pemudik pengguna kendaraan roda dua ke moda angkutan yang lebih aman dan nyaman.
"Memang kalau ada yang ingin memaksakan kehendak, tentu yang paling penting adalah kemampuan kita mengendarai sepeda motor dengan lebih dari 6 jam sampai 8 jam. Tentu gak baik, apalagi sama keluarga," katanya.

"Kita naik mobil aja berasa sekali. Apalagi kemudian mereka masih harus bersilaturahmi, apa gak menggunakan bus bisa istirahat, kereta api, kereta api kita siapkan cukup signifikan banyak. Sehingga mereka bisa dengan segar dan sehat, melakukan lebaran bersama keluarga," sambung dia.

Rivan mengatakan, pemberangkatan mudik gratis untuk Lebaran 2023 ini akan dilakukan dari H-7 sampai H-3. "Mudah-mudahan ini akan sangat bagus dan efektif. Tentu masih menggunakan prediksi lebaran adalah diperkirakan tanggal 21 April," ungkapnya.

Menurutnya, H-3 adalah waktu yang paling bijak dan pas yang bisa digunakan masyarakat untuk mudik. "Jadi kami harapkan semua masyarakat menggunakan mudik gratis yang disiapkan oleh Kementerian BUMN, mudik di hati, dengan bersama Kementerian BUMN," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.5113 seconds (0.1#10.140)