Mantap, Universitas BTH Tasikmalaya Masuk Klaster Utama pada Klasterisasi Perguruan Tinggi 2023

Selasa, 14 Maret 2023 - 08:29 WIB
loading...
Mantap, Universitas BTH Tasikmalaya Masuk Klaster Utama pada Klasterisasi Perguruan Tinggi 2023
Universitas Bakti Tunas Husada (Universitas BTH) Tasikmalaya masuk ke dalam Klaster Utama. (Ist)
A A A
TASIKMALAYA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah mengumumkan klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023.

Berdasarkan Keputusan Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat Nomor 0241/E5/DT.06.01/2023 tanggal 28 Februari 2023 tentang Penetapan Klasterisasi Perguruan Tinggi berdasarkan Kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Bakti Tunas Husada (Universitas BTH) Tasikmalaya masuk ke dalam Klaster Utama.

Hal itu tentunya merupakan kabar yang sangat menggembirakan dan membanggakan bagi seluruh civitas akademika Universitas BTH. Tentunya hal ini juga merupakan suatu pencapaian yang sangat baik mengingat bahwa Universitas BTH menjadi satu-satunya Universitas Swasta wilayah priangan timur yang masuk dalam klaster utama pada klasterisasi perguruan tinggi tahun 2023 ini.

Dr. Ruswanto, M.Si., selaku Rektor Universitas BTH mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur kepada Allah dan sangat bangga pada civitas akademika Universitas BTH yang telah bekerja sama dalam peningkatan kinerja Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, sehingga pada tahun 2023 masuk dalam klaster utama, artinya terjadi peningkatan yang sebelumnya masuk dalam klaster madya,” ungkapnya.

Ruswanto juga menjelaskan bahwa naiknya klaster Universitas BTH menjadi klaster utama karena beberapa faktor.

“Pertama, adanya akreditasi AIPT Universitas BTH yang sekarang sudah B berkat konversi dari akreditasi Stikes ke Universitas pada tahun 2022. Selain itu, faktor karena adanya peningkatan kinerja LPPM bidang penelitian, publikasi artikel baik nasional maupun internasional, buku, ajuan paten, dan hak cipta, yang dilakukan oleh dosen Universitas BTH,” jelasnya.

Ruswanto juga menyampaikan bahwa sebagai Pimpinan Universitas, dirinya beserta para Wakil Rektor berkomitmen untuk memberikan anggaran yang cukup besar dan kepercayaan kepada LPPM Universitas BTH, sehingga dapat menyelenggarakan program-program yang baik dan menarik bagi dosen dalam peningkatan kinerja LPPM.

Dalam pengklasteran ini, Ruswanto juga berharap bahwa Universitas BTH dapat mempertahankan bahkan meningkatkan menjadi Klaster Mandiri, karena semakin tinggi klasternya akan dapat meningkatkan citra dan reputasi Universitas BTH. Selain dana hibah yang akan diberikan juga kuotanya lebih besar lagi.

Lanjutnya, Ruswanto menyampaikan apresiasinya kepada LPPM dan seluruh civitas akademika Universitas BTH.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)
pixels