100 TKK IKN Ikuti Sertifikasi Gratis di Balikpapan

Senin, 13 Maret 2023 - 21:21 WIB
loading...
100 TKK IKN Ikuti Sertifikasi Gratis di Balikpapan
Sebanyak 100 Tenaga Kerja Konstruksi Ibu Kota Nusantara (IKN) mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi kerja gratis di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (13/3/2023). (Ist)
A A A
BALIKPAPAN - Sebanyak 100 Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Ibu Kota Nusantara (IKN) mengikuti pelatihan dan sertifikasi kompetensi kerja gratis di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (13/3/2023).

Sertifikasi TKK di kawasan IKN adalah upaya meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang konstruksi yang merupakan program prioritas pemerintah.

Wakil Ketua Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) Miftakul Azis Azis menyambut baik pelatihan dan sertifikasi bagi TKK IKN. Sertifikasi tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan KADIN dengan Otorita IKN (Deputi Sarana dan Prasarana) tentang Koordinasi Rencana Penandatanganan MoU dan Persiapan Proses Sosialisasi serta Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK).

"BNSP konsen mendukung pembangunan IKN dengan terus melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menyertifikasi tenaga kerja di Kalimantan Timur agar mempunyai daya saing dalam persaingan pasar kerja dan mendapatkan peluang kerja di pembangunan IKN, khususnya sertifikasi tenaga kerja konstruksi," kata Azis saat menghadiri Sertifikasi Kompetensi Kerja Gratis kepada 100 Tenaga Kerja Konstruksi IKN dan Pelatihan serta Sertifikasi Asesor Kompetensi, Senin (13/3/2023).

Menurut Azis, sertifikasi TKK IKN menjadi gerbang untuk meningkatkan daya saing di dunia kerja. Ia optimistis seluruh peserta sertifikasi dapat memiliki kesempatan yang baik dalam ekosistem ketenagakerjaan di IKN.

Azis menambahkan, sejak 2022 dan awal 2023, BNSP bersama Pemprov Kalimantan Timur telah melakukan pelatihan ratusan asesor kompetensi. "Semua ini kami lakukan untuk memenuhi kebutuhan sumber daya sertifikasi di Kalimantan Timur," katanya.

Direktur Pengelolaan Gedung, Kawasan dan Perkotaan Otorita Ibu Kota Nusantara, Desiderius Viby Indrayana mengatakan, pembangunan IKN menjadi salah satu Program Strategis Nasional. Tujuannya, untuk membangun kawasan IKN sebagai kota dunia yang green, smart, and sustainable.

"IKN diharapkan menjadi simbol identitas nasional serta penggerak ekonomi Indonesia di masa depan," kata Viby.

Sementara itu, Iman Purwoto yang hadir mewakili Bidang PUPR dan Infrastruktur KADIN menyatakan, sertifikasi kompetensi TKK IKN kali ini masih tergolong sedikit. Sebab, pembangunan IKN membutuhkan ribuan bahkan puluhan ribu tenaga kerja.

"100 (TKK) masih sedikit dibanding kebutuhan yang diperlukan di Kaltim. Tetapi kita harapkan akan menjadi pemantik untuk pihak lain terlibat dalam program yang sama khususnya sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi untuk mensupport pembangunan IKN," kata Iman.

Pelatihan dan sertifikasi terselenggara atas kerja sama Kadin Bidang PUPR & Infrastruktur, LSP Astekindo Konstruksi Mandiri yang telah terlisensi BNSP, dan Pusat Pembinaan Pelatihan & Sertifikasi Mandiri (P3SM). Turut hadir Dinas PUPR Kaltim, Dinas Ketenagakerjaan Kota Samarinda, serta Kadin Kaltim.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)