Gubernur Khofifah Dorong Inovasi Petik-Olah-Kemas-Jual Durian dengan Teknik Frozen Fruit

Sabtu, 11 Maret 2023 - 19:22 WIB
loading...
Gubernur Khofifah Dorong Inovasi Petik-Olah-Kemas-Jual Durian dengan Teknik Frozen Fruit
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambangi Kampung Durian di RT 03 RW 01 Dusun Kembang Manyul, Desa Girimulyo, Kabupaten Ngawi, Sabtu (11/3/2023).
A A A
NGAWI - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyambangi Kampung Durian di RT 03 RW 01 Dusun Kembang Manyul, Desa Girimulyo, Kabupaten Ngawi, Sabtu (11/3/2023).

Kampung ini terkenal dengan sebutan kampung durian lantaran lebih dari 50 keluarga di sini memiliki pohon durian di halaman rumahnya. Bahkan banyak yang memiliki lebih dari satu pohon durian di setiap rumah.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Khofifah yang didampingi Bupati Ngawi bukan hanya meninjau tetapi memanen Durian Montong Ngawi.

Gubernur Khofifah mengatakan, kualitas durian Ngawi tidak perlu diragukan lagi. Durian Ngawi termasuk dalam varietas durian unggul sejak bertahun-tahun silam.

"Mulai dari montong di sini sudah ditanam sejak 12 tahun lalu. Kemudian ada musang king dan turunannya seperti black thorn, bawor, dan varietas-varietas unggulan lainnya juga ada di sini," ujarnya.

Untuk itu, Gubernur Perempuan Pertama di Jatim ini mendorong agar para petani durian di Kabupaten Ngawi meningkatkan pengolahannya. Yakni dengan menggunakan teknologi yang bisa membekukan daging durian. Sehingga bisa meningkatkan nilai ekonomis dari durian yang ada di Kabupaten Ngawi. Khususnya penjangkauan pasar lebih luas lagi.

"Pengolahannya cukup dengan teknologi frozen. Jadi buah durian setelah dipetik, kemudian dagingnya dikemas dan dibekukan," imbuhnya.
Gubernur Khofifah Dorong Inovasi Petik-Olah-Kemas-Jual Durian dengan Teknik Frozen Fruit

Dengan mengemas dan membekukan daging buah durian, selain lebih praktis bagi para pembeli, juga memungkinkan untuk di kirim ke daerah yang jauh. Bahkan, bisa pula diizinkan masuk bagasi pesawat. Selain itu, dengan durian frozen juga bisa membuka peluang untuk di ekspor ke luar negeri baik dengan kulit maupun kemasan.

"Dengan packaging tertentu bisa naik pesawat jadi ini bisa menjadi _gift_ kemana-mana bahkan bisa ke luar negeri," ujarnya.

Gubernur Khofifah menambahkan, pengemasan dan teknologi frozen ini pula yang membuat orang kalau cari musang king biasanya lebih mudah. Untuk itu, ia mendorong agar teknologi ini bisa di siapkan untuk para petani durian.

"Agar durian di Kabupaten Ngawi memiliki nilai tambah dan meningkatkan nilai kompetitifnya juga," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0924 seconds (0.1#10.140)