Indah dan Damai, Wujud Ibu Kota Kerajaan Singasari Hasil Artificial Intelligence

Jum'at, 10 Maret 2023 - 17:35 WIB
loading...
Indah dan Damai, Wujud Ibu Kota Kerajaan Singasari Hasil Artificial Intelligence
Kerajaan Singasari merupakan kerajaan bercorak Hindu Buddha di Jawa Timur yang berdiri sekitar tahun 1222 M. Foto DOK Artificial Intelligence
A A A
JAKARTA - Kerajaan Singasari merupakan kerajaan bercorak Hindu Buddha di Jawa Timur yang berdiri sekitar tahun 1222 M. Terbentuknya kerajaan ini tak dapat dilepaskan dari kisah pendirinya, Ken Arok .

Ken Arok awalnya hanya merupakan Pengawal dari Tunggul Ametung, petinggi di wilayah Tumapel. Namun dia berhasil untuk mendirikan kerajaannya sendiri yang dikenal sebagai Kerajaan Singasari.

Pendirian Kerajaan Singasari ini tak luput dari beberapa pemberontakan yang telah dilakukan oleh Ken Arok.

Baca juga : Cerita Kerajaan Singasari Terbelah setelah Tewasnya Ken Arok

Mulai dari membunuh Tunggul Ametung, hingga bersekutu dengan para Brahmana demi menjatuhkan Kerajaan Kediri yang kala itu dipimpin oleh Raja Kertajaya.

Menurut Jurnal bertajuk "Nilai-Nilai Karakter Dalam Perjuangan Ken Arok Mendirikan Kerajaan Singasari Tahun 1222", Perlawanan Ken Arok terhadap Tunggul Ametung merupakan upaya perebutan kekuasaan pertama dalam sejarah bangsa Indonesia.

Kisah tersebut bahkan diadopsi dalam karya sastra sehingga fakta dari kejadian sejarah pada abad ke-13 ini dapat diteladani dalam kehidupan di abad ke-21 ini.

Kerajaan Singasari mencapai masa puncak kejayaan pada tahun 1272-1292 M pada masa pemerintahan Kertanegara. Dibawah pemerintahan Kertanegara, Kerajaan Singasari mampu memperluas kekuasaannya hingga Bali, Sunda, sebagian Kalimantan dan sebagian Sumatera.

Baca juga : Kejayaan Kerajaan Singasari Tamat karena Ambisi dan Kesombongan Raja Kertanegara

Bukti bahwa kerajaan ini telah ada terdapat pada beberapa peninggalan seperti candi, patung Dwarapala, dan beberapa prasasti yang sudah ditemukan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1212 seconds (0.1#10.140)