Puluhan Ruas Jalan di Jawa Barat Rusak, Ridwan Kamil Jamin Segera Diperbaiki

Kamis, 09 Maret 2023 - 14:21 WIB
loading...
Puluhan Ruas Jalan di Jawa Barat Rusak, Ridwan Kamil Jamin Segera Diperbaiki
Gubernur Ridwan Kamil memastikan puluhan ruas jalan rusak di Jabar bakal segera diperbaiki setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memastikan, puluhan ruas jalan rusak di Jabar bakal segera diperbaiki setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19.

Ridwan Kamil menyebutkan, perbaikan bakal menyadar 71 ruas jalan provinsi yang tersebar di Jabar. Dia mengakui, perbaikan jalan sempat tertunda akibat pergeseran anggaran infrastruktur untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Setelah 2 tahun tertunda karena anggaran infrastruktur yang digeser untuk bantuan sosial Covid 19. Tahun 2023 ini, 71 ruas jalan di Jawa Barat segera diperbaiki. Januari-Maret tiap tahun adalah jadwal pelelangan proyek," kata Ridwan Kamil, Kamis (9/3/2023).

Ridwan Kamil menyebut, 71 ruas jalan tersebut dibagi dalam 69 paket pengerjaan dan sebagian besar masuk dalam klasifikasi pemeliharaan berkala.

"Kebanyakan dari total panjang ruas jalan 353,822 kilometer yang diperbaiki itu, klasifikasinya adalah pemeliharaan berkala ya, pelapisan kembali atau overlay dengan hotmiks," ungkapnya.

Baca juga: 2 Warga Tewas Akibat Jalan Berlubang, Mahasiswa Datangi Kantor Bupati Karawang

Ridwan Kamil mengatakan, dari 69 paket pekerjaan penanganan jalan, 62 di antaranya adalah pemeliharaan berkala yang pemilihan penyedianya melalui e-katalog tanggal 19 Februari lalu sudah tayang.

"Sudah berkontrak 62 paket dengan total panjang 337,342 kilometer. Beberapa paket pekerjaan akan di bulan Maret minggu ke dua dan selesai pada akhir bulan Juli," ungkapnya.

"Tetapi untuk mengatasi kerusakan jalan berlubang melalui pemeliharaan rutin gerakan sapu lubang akan diupayakan tuntas agar menjelang Lebaran diselesaikan," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, ruas jalan yang diperbaiki hampir ada di setiap kabupaten/kota yang menjadi kewenangan Provinsi Jabar atau jalan provinsi.

"Hampir menyeluruh ya, ada di setiap kabupaten/kota, seperti Bogor, Sukabumi, Cianjur, Karawang, Garut, Pangandaran dan lainnya" imbuhnya.

Selain pekerjaan jalan, ada tiga jembatan yang diperbaiki, dua diganti yang satu dibangun. Menurut Bambang, tiga jembatan itu di Kabupaten Bogor, Kabupaten Garut, dan Pangandaran.

"Pertama jembatan Cihoe di ruas Jalan Cileungsi - Cibeet Kabupaten Bogor. Kedua jembatan Citalegong ruas jalan Talegong - Rancabuaya Kabupaten Garut klasifikasinya pergantian jembatan dan yang ketiga jembatan Sodongkopo di Kabupaten Pangandaran, klasifikasinya pembangunan jembatan," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)