Hasil Sidang Majenas, SPN Dukung Ganjar Presiden 2024

Rabu, 08 Maret 2023 - 15:05 WIB
loading...
Hasil Sidang Majenas, SPN Dukung Ganjar Presiden 2024
SPN seluruh Indonesia mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Pernyataan itu disampaikan usai Sidang Majenas SPN IV di Lombok Garden Hotel, Lombok, NTB. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
LOMBOK - Serikat Pekerja Nasional (SPN) seluruh Indonesia mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024. Pernyataan itu disampaikan usai Sidang Majelis Nasional (Majenas) SPN IV di Lombok Garden Hotel, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Untuk dan atas nama organisasi SPN dengan ini menyatakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai Presiden Indonesia tahun 2024,” kata Ketua Umum DPP SPN Djoko Heriyono dalam peryataannya, Rabu (8/3/2023).

Dukungan ini merupakan salah satu upaya perjuangan organisasi SPN secara politik dalam mendukung kelahiran reformasi hukum meliputi kepastian kerja, kepastian penghasilan, dan kepastian jaminan sosial . Tak hanya di usia kerja, Djoko menyebut kepastian tersebut mesti dijamin seumur hidup oleh pemerintah.

“Dari di dalam kandungan, kemudian melahirkan, sampai balita, kemudian masuk usia sekolah, sampai usia kerja, sampai pensiun, sampai meninggal dunia, (pemerintah) itu hadir untuk membantu semua rakyat Indonesia. Jangan sampai ada yang tidak sampai mendapatkan sosial proteksi atau perlindungan sosial,” lanjutnya.

SPN yakin Ganjar adalah pemimpin yang mampu memperjuangkan jaminan sosial semesta sepanjang hayat itu. Menurut Djoko, keberpihakan Ganjar terhadap pekerja dapat diwujudkan secara nasional, sehingga seluruh lapisan masyarakat mendapat job security, income security, hingga social security.

“Kalau dukung mendukung ini kan kami memang membawa faksun politik dan kepentingan kami untuk kaum pekerja buruh agar bisa direalisasikan melalui Pak Ganjar,” tandasnya.

Dalam sikap politik ini, SPN berkolaborasi dengan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) untuk mewujudkan konsep dunia ketenagakerjaan dan hubungan industrial terbaik di masa depan. Terutama soal kepastian kerja, penghasilan, dan sosial sepanjang hayat untuk seluruh masyarakat.

“Dalam momentum Pilpres 2024 dan mendukung Pak Ganjar ini, kami akan berkolaborasi untuk mengusung forum musyawarah hubungan industrial. Kemudian soal informasi hukum ketenagakerjaan, dan kemudian kita akan melakukan kegiatan-kegiatan bersama yang terkait hal tersebut,” kata Ketua Umum GBB Lukman Hakim.

Di forum musyawarah hubungan industrial tersebut, Lukman menyebut kolaborasi GBB bersama SPN akan membahas semua yang berkaitan dengan kesejahteraan buruh. Kegiatan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat di seluruh provinsi dan kawasan-kawasan industri se-Indonesia.

“Kami datang ke tempat-tempat itu bukan membawa masalah tapi kita datang ingin membawa solusi. Kami, GBB dengan SPN bersinergi dengan hal itu dalam momentum pendukungan terhadap Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024,” kata Lukman.

Dia pun menegaskan pihaknya mendorong reformasi dan penegakan hukum ketenagakerjaan untuk menyokong penguatan industri nasional dan kesejahteraan buruh. “Kami mencari solusi agar buruh itu bisa punya rumah, buruh itu bisa punya pendidikan tinggi keluarganya, punya usaha, segala macam. Itu merupakan motivasi kerja kami dan kita akan melaksanakannya bareng-bareng dalam mendukung Pak Ganjar sebagai Presiden 2024,” tandasnya.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3513 seconds (0.1#10.140)