Silarahmi ke Majelis Taklim, Usbat Ganjar Gelar Edukasi Salat Khauf

Minggu, 05 Maret 2023 - 22:30 WIB
loading...
Silarahmi ke Majelis Taklim, Usbat Ganjar Gelar Edukasi Salat Khauf
Usbat Ganjar Sumut bersilaturahmi ke Majelis Taklim Ummul Hasanah di Dusun II, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (5/3/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SERDANG BEGADAI - Ustaz Sahabat (Usbat) Ganjar Sumut memberikan edukasi melalui praktik tata cara Salat Khauf. Salat ini dikerjakan ketika berada dalam keadaan sangat genting, menakutkan maupun bahaya, seperti kondisi perang.

Edukasi diberikan kepada jemaah Majelis Taklim Ummul Hasanah di Dusun II, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (5/3/2023). Pada kesempatan ini, Usbat Ganjar juga mengajak jemaah majelis taklim melakukan istigasah dan doa bersama untuk Indonesia.

”Materi ini salah satu materi yang langka yang tidak bisa dijumpai di pengajian-pengajian umum. Maka Usbat dalam hal ini berharap bisa memberikan ilmu baru kepada masyarakat pada umumnya," kata Korda Usbat Ganjar Serdang Bedagai, Bima Wardani Damanik di lokasi.

Salat khauf adalah ibadah fardhu yang dikerjakan apabila sedang berada dalam keadaan perang, melawan musuh atau berjaga jaga dari serangan musuh, dan dilakukan secara berjamaah. Menurut Bima, sebagai umat muslim sudah sepatutnya menjaga ibadah salat meski dalam keadaan apapun.

Sebab, pada rukun Islam salat termasuk rukun kedua setelah dua kalimat syahadat. "Nah jadi ini biar memberikan satu pencerahan terbaru karena masyarakat yang kurang mengerti apa Salat Khauf. Sementara Khauf ini sendiri kan dalam arti ketakutan atau waswas gitu," jelasnya.

Ketua Majelis Taklim Ummul Hasanah, Siti Rubiah (61) menyambut baik kehadiran Usbat Ganjar. Dalam kegiatan itu, Usbat Ganjar turut memberikan bantuan berupa satu paket pengeras suara dan karpet untuk menunjang kegiatan pengajian majelis taklim.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1123 seconds (0.1#10.140)