Panen Raya Kedelai, Bangkitnya Lumbung Pangan Nimbokrang

Jum'at, 17 Juli 2020 - 06:26 WIB
loading...
Panen Raya Kedelai, Bangkitnya Lumbung Pangan Nimbokrang
Panen raya kedelai di Kampung Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Foto/SINDOnews/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura bersama Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura dan pihak Kampung Nimbokrang melakukan panen raya tanaman Kedelai milik kelompok tani Sumber Rejeki di Kampung Nimbokrang, Kabupaten Jayapura, Kamis (16/7/2020).

Panen raya perdana di lahan seluas 2 hektare itu merupakan program ketahanan pangan di masa pandemi COVID-19 yang menjadi program Pemkab Jayapura, binaan Babinkamtibmas Polsek Nimbokrang dan Babinsa Koramil Nimborang. Turut hadir dalam kegiatan tersebut pihak Balai Pengkajian Teknologi Pangan (BPTP) Papua.

Jenis Kedelai yang dipanen adalah kedelai varietas Galunggung dengan masa panen 85-90 hari sejak penanaman dilakukan. (BACA JUGA: Kini Giliran UMKM Pertanian yang Bakal Digarap Secara Digital )

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Jayapura David Zakaria dalam kesempatan tersebut mengatakan, target penanaman Kedelai di Nimbokrang pada musim tanam 1 adalah 10 hektare, meski baru terealisasi sekitar 40 persen, namun program penanaman kedelai akan terus dilakukan dengan merencanakan pembukaan lahan tidur.

"Kami berkomiten mendampingi baik teknis maupun memfasilitasi sarana produksi. Kami bekerja sama dengan BPTP Papua untuk terus mengembangkan varietas baru yang cocok ditanam di Nimbokrang," kata David. (BACA JUGA: Mentan 'Pecut 'Jajarannya, Tak Ada Hari Libur atau Kerja Sampai Minggu )

Dia mengemukakan, pengembangan pertanian di Kampung Nimbokrang akan terus dikakukan hingga mampu bangkit seperti pada era tahun 80-an silam yang nenjadikan Nimbokrang sebagai lumbung pangan andalan di Kabupaten Jayapura.

"Program ini terus berlanjut, harapan kita Pertanian disini bisa kembali berkembang. Kami bangga dan mengapresiasi kerja kelompk tani termasuk keterlibatan Babinkamtibmas dan Babinsa yang terus men-support kelompok tani demi peningkatan ketahanan Pangan dimasa Pandemi Covid-19," ujar dia.

Kepala Kampung Nimbokrang Tita Puspitasari dalam kesempatan yang sama mengaku ada 10 kelompok tani di Kampung Nimbokrang. Namun baru satu kelompok tani yang bisa produktif.

"Dengan panen bersama ini kami harap menjadi motivasi kepada kelompok tani yang lain. Terlebih ada dukungan dari dinas dan pihak terkait, termasuk Bainkamtibmas dan Babinsa," tutur Tita.

Babinkamtibmas Polsek Nimbokrang Brigpol Yoyong Kuncoro mengaku siap dan akan terus mengawal petani Nimbokrang untuk menggarap lahan.

"Kami perpanjangan tangan pimpinan akan terus mengawal dan mendampingi para petani Nimbokrang. Kami harap dukungan ini menjadi semangat petani. Petani Nimbokrang harus bangkit lagi dan bisa produktif karena dukungan dari pihak terkait ada, terlebih di masa pandemi COVID-19," tandas Yoyong.
(awd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1233 seconds (0.1#10.140)