Awas! Cuaca Ekstrem Bakal Menerjang Wilayah Sulut, Ini Daftarnya

Kamis, 02 Maret 2023 - 11:31 WIB
loading...
Awas! Cuaca Ekstrem Bakal Menerjang Wilayah Sulut, Ini Daftarnya
Cuaca ekstrem diperkirakan bakal menerjang sebagian besar wilayah Sulut pada Kamis (2/3/2023). Masyarakat diminta waspada dan melakukan mitigasi mandiri. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
MANADO - Cuaca ekstrem diperkirakan bakal menerjang sebagian besar wilayah Sulawesi Utara (Sulut) pada Kamis (2/3/2023). Masyarakat diminta waspada dan melakukan mitigasi mandiri.

Berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejumlah kabupaten dan kota di Sulut berpotensi dilanda cuaca ekstrem.


"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben Molle di Manado, Kamis (2/3/2023).

Pada hari ini cuaca ekstrem diperkirakan menerjang Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Selanjutnya di Kabupaten Kepulauan Siau-Tagulandang-Biaro (Sitaro), Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud.

Sedangkan pada Jumat (3/3/2023) , cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kota Bitung, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.


Di hari yang sama, cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Kepulauan Sitaro, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

"Kami berharap warga tetap waspada, melakukan mitigasi mandiri ketika terjadi cuaca ekstrem. Waspadai terhadap kemungkinan terjadi banjir, tanah longsor serta pohon tumbang sambil terus memanfaatkan informasi yang kami sediakan," ujarnya.

Ben menjelaskan bahwa pada awal Maret ini potensi terjadi hujan sedang hingga lebat di sejumlah wilayah Sulut masih memungkinkan.

"Terpantau kondisi dinamika atmosfer masih mendukung sehingga menyebabkan hujan sedang hingga lebat," ujarnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)