Gempa M4,0 Guncang Sukabumi, Getarannya Terasa hingga Bogor dan Lebak

Selasa, 28 Februari 2023 - 21:39 WIB
loading...
Gempa M4,0 Guncang Sukabumi, Getarannya Terasa hingga Bogor dan Lebak
Gempa bumi berkekuatan M4,0 yang mengguncang Sukabumi juga terasa hingga Bogor dan Lebak. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M)4,0 mengguncang Sukabumi , Selasa (28/2/2023) sekira pukul 20.11 WIB. Getarannya pun terasa hingga ke beberapa daerah sekitar seperti Bogor dan Lebak.

Menurut BMKG, guncangan gempa yang terasa di Bogor, Lebak, dan Bayah dengan Skala Intensitas II MMI.

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut,” demikian laporan Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan, Hartanto dalam keterangan resminya yang diterima SINDOnews.



Selain itu, gempa bumi ini juga dirasakan di wilayah Kota Sukabumi, Palabuhan Ratu dengan Skala Intensitas II - III MMI.

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang - Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” bebernya.



Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M4,0 itu episenternya terletak pada koordinat 7.03 LS dan 106.64 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Tenggara Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada kedalaman 3 km.



“Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Cimandiri,” demikian laporan BMKG.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 20:30 WIB, belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1008 seconds (0.1#10.140)