Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Salurkan Bantuan Jaring di Probolinggo

Selasa, 28 Februari 2023 - 17:19 WIB
loading...
Komunitas Nelayan Pesisir Jatim Salurkan Bantuan Jaring di Probolinggo
Komunitas Nelayan Pesisir Jatim memberikan jaring sebagai alat tangkap kepada nelayan di wilayah Pesisir Pantai Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, Selasa (28/2/2023). Foto/Dok. SINDOnews
A A A
PROBOLINGGO - Komunitas Nelayan Pesisir Jatim membersihkan pantai dan pemberian jaring sebagai alat tangkap di wilayah Pesisir Pantai Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Aksi bersih-bersih ini dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai, ekosistem laut, dan melestarikan sumber dayanya.

Koordinator Lapangan Komunitas Nelayan Pesisir Kabupaten Probolinggo, Abdul Kahar mengatakan, Probolinggo merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan cukup beragam. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo pada 2022, produksi perikanan tangkap daerah itu mencapai 28.187,69 ton.

"Tujuannya (kegiatan ini) ya untuk menjaga ekosistem laut kita seperti ikan, ataupun udang, bahkan yang lainnya seperti terumbu karang juga ya," kata Abdul, Selasa (28/2/2023).

Abdul meminta upaya merawat, menghargai, dan menjaga laut beserta ekosistemnya dapat menjadi perhatian bersama. Bersih-bersih pesisir menjadi salah satunya aksi nyata mereka. Meski dengan peralatan seadanya, tak mematahkan semangat para nelayan ini.

Selain itu, komunitas pendukung Ganjar Pranowo ini juga memberi alat tangkap berupa jaring kepada para nelayan. Tujuannya agar penggunaan alat penangkap ikan yang dilarang bisa diminimalisir.

Menurut Abdul, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan upaya menyokong aktivitas para nelayan. "Untuk masalah jaring itu memang permintaan dari masyarakat tujuannya membantu perekonomian masyarakat. Komunitas nelayan berharap semoga para nelayan khususnya di Kabupaten Probolinggo makin giat lagi untuk melaut," tandasnya.

Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur juga menginisiasi kegiatan senam bersama. Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan kebugaran para nelayan.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2804 seconds (0.1#10.140)