Alasan Tampilnya Atribut PKI dalam Karnaval HUT RI ke-70

Sabtu, 15 Agustus 2015 - 21:21 WIB
Alasan Tampilnya Atribut PKI dalam Karnaval HUT RI ke-70
Alasan Tampilnya Atribut PKI dalam Karnaval HUT RI ke-70
A A A
PAMEKASAN - Adanya atribut Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-70 di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, dilatar belakangi surat Nomor 09/PAN.HUT-RI/2015 yang ditujukan kepada Ketua MKKS.

Menurut Kepala SMP 2 Pamekasan Ali yang mewakili Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS), karnaval tersebut didesain oleh panitia untuk menampilkan tonggak sejarah sejak perjuangan kemerdekaan hingga reformasi.

"Sekolah kami kebetulan ditunjuk mewakili MKKS untuk menampilkan tonggak sejarah yang ke-6 yaitu pemberontakan G30S PKI," terang Ali, kepada wartawan, Sabtu (15/8/2015).

Bahkan, dalam edaran yang disampaikan petunjuk penjabaran tema disebut secara rinci kostum delapan jenderal, barisan tokoh-tokoh PKI seperti Aidit Cs dan anggota PKI yang memegang celurit, dan simbol-simbol palu arit yang sudah terkonsep.

"Bahkan, di teaterikal kami, tampilan itu kan sebetulnya kami ambil dari film G30S/PKI, dialog-dialognya persis gak ada yang kami edit sama sekali," sambungnya.

Bahkan, dijelaskan pula alasan mereka menampilkan atribut tersebut, pertimbangannya karena berhubungan dengan nilai, jika kekurangan kostum maka nilainya akan dikurangi. Begitu juga dengan cerita, bila tidak sesuai akan dikurangi nilainya.

"Kelebihan anggota juga dikurangi nilainya. Yang jelas kami menerima dari panitia kabupaten, kami kebagian nomor urut 6," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0404 seconds (0.1#10.140)