Bantu Distribusi Makanan, Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Grobak

Kamis, 16 Juli 2020 - 18:25 WIB
loading...
Bantu Distribusi Makanan, Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Grobak
Bantu Distribusi Makanan, Mahasiswa ITS Buat Aplikasi Grobak. Foto/SINDOnews/Aan Har
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Departemen Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berhasil mengembangan aplikasi Grobak yang bisa membantu masyarakat.

Aplikasi berbasis digital ini diciptakan untuk distribusi bahan pangan guna menuntaskan problematika food waste di Indonesia.

Para mahasiswa yang terdiri dari Bagas Immanuel, Calvin Wijaya, dan Muhamad Rifaldi tertarik mempraktikkan kemampuannya di ranah software development.

“Mulanya hanya berdua dengan Calvin, lalu mengajak Rifaldi untuk bergabung karena dia yang jago dalam hal desain sampai terbentuklah Tim Goldfish ini,” kata Bagas Immanuel, Kamis (16/7/2020).

Ia melanjutkan, latar belakang yang diampu dalam merancang ide untuk pembuatan aplikasi ini mengacu pada 17 tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

“Poin kedua dalam SDGs 2030 adalah zero hunger, salah satu tantangan yang membuat sulit tercapainya tujuan tersebut adalah banyaknya food waste,” ucapnya.

Bagas mengungkapkan, aplikasi Grobak ini bekerja dengan menghubungkan distributor bahan pangan mentah dengan rumah-rumah melalui tukang sayur.

Dalam hal ini, setiap rumah dapat memesan bahan yang ingin dimasak satu hari sebelumnya dan akan diantarkan oleh tukang sayur pada hari berikutnya.

“Kemudahan ini dapat mengalihkan preferensi orang untuk lebih memilih masak sendiri daripada membeli di luar,” ungkapnya.

Bagas menambahkan, aplikasi Grobak ini juga dilengkapi fitur-fitur pelengkap seperti inspirasi memasak makanan yang sedang menjadi tren, bahan yang diperlukan, dan kuantitas setiap bahan untuk membuat suatu masakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)