159 Rumah Rusak Parah Disapu Angin Puting Beliung di Banyuwangi

Minggu, 26 Februari 2023 - 13:42 WIB
loading...
159 Rumah Rusak Parah Disapu Angin Puting Beliung di Banyuwangi
Sebanyak 159 rumah rusak parah diterjang angin puting beliung yang melanda wilayah Banyuwangi.
A A A
BANYUWANGI - Sebanyak 159 rumah rusak dan kebanyakan rata dengan tanah diterjang angin puting beliung yang melanda Banyuwangi. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi masih mendata ulang guna mengetahui jumlah warga yang terdampak.

Detik-detik angin puting beliung pada Sabtu (25/2/2023) sore ini sempat terekam video amatir warga. Tampak angin puting beliung berputar di wilayah Desa Karangharjo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi.

Peristiwa ini juga sempat menimbulkan kepanikan warga saat melaksanakan hajatan di kawasan Desa Uosomulyo, Kecamatam Gambiran. Warga bahkan histeris saat tenda hajatan terbawa angin.

Pendataan sementara, angin kencang dan hujan dengan intensitas tinggi juga melanda lima wilayah kecamatan di Banyuwangi, yakkni Kecamatan Glenmore, Tegalsari, Genteng, Muncar dan Kecamatan Kabat.

Baca juga: Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas Guguran dan Banjir Lahar Dingin

Sementara, ratusan warga yang rumahnya rusak karena tidak bisa ditempati, memilih mengungsi di rumah kerabat dan tetangga. Data sementara sebanyak 159 rumah warga rusak akibat angin puting beling dan hujan lebat.

Dari lima kecamatan yang dilanda puting beliung, kondisi terparah terjadi di Kecamatan Kalibaru dengan jumlah 54 rumah warga rusak, setelah itu Kecamatan Genteng terdapat 54 rumah warga rusak dan wilayah Kecamatan Gambiran sebanyak 44 rumah warga yang rusak.

"Puting beliung ini terjadi pada Sabtu sore. Ada banyak rumah warga yang rusak. Kami masih masih melakukan pendataan ulang/ guna mengelahui jumlah warga yang terdampak," kata Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi, Mujito.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7991 seconds (0.1#10.140)