Polda Sumut Terapkan Pengamanan Humanis di F1 Powerboat Lake Toba 2023

Jum'at, 24 Februari 2023 - 10:59 WIB
loading...
Polda Sumut Terapkan Pengamanan Humanis di F1 Powerboat Lake Toba 2023
Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) menerapkan dua operasi pengamanan jelang ajang internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023. MPI/Wahyudi
A A A
TOBA - Kepolisian Daerah Sumatra Utara (Polda Sumut) menerapkan dua operasi pengamanan jelang ajang internasional F1 Powerboat Lake Toba 2023. Keduanya ada dalam satu operasi besar bersandi Hopal Toba-2023, yaitu pengamanan event dan tamu VVIP (Presiden RI dan tamu-tamu penting).

Demikian ditegaskan Kabid Humas Polda Sumatra Utara, Kombes Pol. Hadi Wahyudi saat Media Briefing F1 Powerboat Lake Toba 2023 di Kantor Bupati Kabupaten Toba, Sumatera Utara pada Kamis, 23 Februari 2023 kemarin.

Hadi menegaskan operasi tersebut dilakukan Polda Sumatra Utara (Sumut) bersama Kodam I Bukit Barisan dan pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten.

“Artinya dua operasi yang diselenggarakan secara bersama, tapi di bawah kendali penuh Polda Sumut dan Kodam I Bukit Barisan," katanya.

Polda Sumut dan TNI, lanjutnya, akan didukung oleh personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan, serta delapan Polres yang berada di kawasan Danau Toba.

“Operasi sudah dilakukan sejak 17 Februari dan akan berakhir pada 27 Februari 2023,” ujar Hadi.

Dalam operasi Hopal Toba-2023, pelayanan yang diberikan aparat yang bertugas adalah pendekatan bersifat humanis. Hal ini karena kesuksesan gelaran F1 Powerboat Lake Toba 2023 akan menjadi wajah Sumatra Utara secara umum, khususnya terkait hospitality.

“Bahkan perintah pimpinan, seragam petugas pun tidak akan menggunakan pakaian kedinasan seperti biasa. Agar humanis semua harus terselenggara nyaman dan aman, namun yang juga dipastikan adalah semua tidak akan mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari,” ujar Hadi.

Kapolda Sumut pun dikatakan Hadi, telah dengan tegas mengajak semua pihak mulai dari seniman, pelaku UMKM hingga masyarakat, bersama menciptakan situasi nyaman di Balige dan Sumut secara luas.

Terkait jalur lalu lintas, ada enam titik yang akan menjadi perhatian utama Polda dan Kodam I. Dimulai dari Polrestabes Serdang, Tebing Tinggi, Siantar, Simalungun, Toba dan Tapanuli Utara. Kapolda Sumut akan bertanggung jawab langsung atas seluruh kepentingan keamanan dan pengamanan terkait event.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2037 seconds (0.1#10.140)