Bantu Banjir Masamba, Pemkab Luwu Bangun Posko dan Dapur Umum

Kamis, 16 Juli 2020 - 12:31 WIB
loading...
Bantu Banjir Masamba, Pemkab Luwu Bangun Posko dan Dapur Umum
Bupati Luwu Basmin Mattayang saat meninjau lokasi banjir bandang di Masamba Kabupaten Luwu Utara. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu memastikan akan ikut membantu pemulihan Kota Masamba, Luwu Utara dan masyarakat yang terdampak banjir bandang pada awal pekan lalu.

Bupati Luwu, Basmin Mattayang , hal tersebut di hadapan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Mochamad Basoeki Hadimoeljono bersama Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah (NA) di Bandar Udara I Lagaligo, Kamis, (16/7) pagi tadi.



"Duka Luwu Utara menjadi duka kita bersama, utamanya kami daerah di Luwu Raya yang merupakan masih pertalian saudara. Kabupaten Luwu memastikan akan membantu saudara kami di Luwu Utara," ujar Basmin.

Bupati Luwu sendiri melaporkan dirinya telah melakukan kunjungan dan memantau kondisi Luwu Utara pasca banjir Rabu kemarin. Bersamanya, ikut pula beberapa pejabat Pemkab Luwu diantaranya Kepala BPBD Luwu dan Dinas Kesehatan.

"Dalam penanganan pasca banjir, selain memberikan bantuan logistik, Pemkab Luwu juga mendirikan posko induk untuk dapur umum, membantu mengevakuasi warga yang tertimbun lumpur, melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan obat-obatan serta membantu warga untuk menghilangkan perasaan trauma yang dialaminya," ujarnya.

Menurut Bupati Luwu dua periode ini, apa yang disaksikannya di lapangan, tragedi banjir bandang atau banjir lumpur yang terjadi di Luwu Utara tidak hanya melumpuhkan aktivitas Ekonomi, tapi yang lebih memprihatinkan adalah ratusan rumah terendam oleh lumpur yang menyebabkan puluhan jiwa meninggal dunia.

"Atas dasar keprihatinan ini, kami sebagai kabupaten yang terdekat, telah memerintahkan beberapa perangkat OPD terkait untuk segera melakukan reaksi cepat tanggap darurat untuk membantu saudara kita yang tertimpa musibah di Luwu Utara ini," urainya.

Bupati Luwu menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kabupaten Luwu, termasuk aparatnya di tingkat kecamatan dan desa yang telah bersungguh-sungguh menggalang dana dan bantuan berupa pakaian dan makanan untuk membantu para korban di Luwu Utara.

"Kami melihat langsung, adek-adek mahasiswa, anak muda di Luwu, bahkan aparat kecamatan dan aparat desa turun langsung menggalang dana dan membuka posko bantuan, ini tentu sebuah kebersamaan yang luar biasa, sebagai pemerintah, sebagai Bupati Luwu, saya menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu," ujarnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)