Kapal MS Silver Muse Bawa 547 Wisatawan, Dinas Pariwisata Sulsel: Ini Menandai Ekonomi Bangkit

Rabu, 22 Februari 2023 - 16:54 WIB
loading...
Kapal MS Silver Muse Bawa 547 Wisatawan, Dinas Pariwisata Sulsel: Ini Menandai Ekonomi Bangkit
Kapal pesiar MS Silver Muse yang mengangkut 540 wisatawan mancanegara tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (22/2/2023). Foto SINDOnews
A A A
MAKASSAR - Kapal pesiar MS Silver Muse yang mengangkut 540 wisatawan mancanegara tiba di Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (22/2/2023). Kedatangan kapal pesiar ini diyakini bisa membangkitkan ekonomi di Sulsel.

Wisatawan ini akan dibawa keliling ke destinasi wisata seperti Pantai Losari Makassar air terjun Bantimurung dan wisata alam kars Maros-Pangkep hingga ke pasar rakyat dengan melibatkan UMKM pada setiap destinasi wisata dikunjungi.



Devo Khadaffi, Sekretaris Dinas Pariwisata Sulsel mengatakan, kunjungan turis atau wisatawan mancanegara untuk pertama kalinya pasca pandemi Covid-19 menjadi angin segar bagi sektor pariwisata di Sulsel. Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, pihaknya turut melibatkan UMKM.

"Kedatangan wisatawan ini diproyeksi akan membuat perputaran uang hingga 500 juta rupiah sekaligus menandai kebangkitan perekonomian dari sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19," kata Devo, Rabu (22/2/2023).

Sektor pariwisata di Sulawesi Selatan, lanjut dia, terus bangkit di tahun 2023. Hari ini Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar kedatangan kapal pesiar MS Silver Muse dengan pelabuhan asal Papua Nugini.

"Ini merupakan kapal pesiar pertama yang datang pasca pandemi Covid-19 dengan membawa 547 turis asing atau wisatawan mancanegara," ujarnya.
Para turis ini akan berada di Kota Daeng selama enam jam. Mereka akan mengunjungi sejumlah objek wisata di Sulsel seperti wisatawan alam kars Rammang-rammang, Maros-Pangkep, air terjun Bantimurung di Kabupaten Maros.

Wisata bersejarah Benteng Roterdam pantai Losari hingga pasar rakyat yang berada di Kota Makassar. Usai berwisata di Sulawesi Selatan para turis ini akan kembali melanjutkan perjalanan wisata di Tanah Air dengan mengunjungi Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur.

Sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan ke Selandia Baru. Adapun wisatawan mancanegara ini berasal dari sejumlah negara di antaranya ada dari Selandia Baru, Australia dan Belanda, Prancis.

"Selain kapal pesiar MS Silver Muse yang membawa 547 wisatawan. Pada bulan Mei mendatang, Sulawesi Selatan masih akan kedatangan kapal pesiar lainnya dengan membawa wisatawan mancanegara yang jauh lebih banyak yang diperkirakan mencapai ribuan," kata Devo Khadaffi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1272 seconds (0.1#10.140)