Kisah Cing Cing Goling, Jejak Pelarian Raden Wisang Sanjaya dari Majapahit

Senin, 20 Februari 2023 - 10:48 WIB
loading...
Kisah Cing Cing Goling,...
Gedangrejo, desa di Karangmojo, Gunungkidul, DIY diyakini menjadi akhir dari pelarian Raden Wisang Sanjaya beserta abdi dan pengikutnya dari Majapahit. Foto/Ist
A A A
KISAHCing Cing Goling, jejak pelarian Raden Wisang Sanjaya dari Majapahit yang mengejutkan. Gedangrejo, desa yang terletak di Karangmojo, Gunungkidul, DIY diyakini menjadi akhir dari pelarian Raden Wisang Sanjaya beserta abdi dan pengikutnya dari Majapahit.

Sang pangeran menempuh perjalanan panjang ke arah barat pasca runtuhnya Majapahit pada sekitar 1478 Masehi. Wisang Sanjaya berusaha mencari daerah baru yang ditinggali yang aman.



Hingga akhirnya rombongan sampai di Gedangrejo. Jejak kedatangan Wisang Sanjaya hingga kini masih dilestarikan masyarakat Gedangrejo berupa upacara adat Cing Cing Goling.

Bendungan dan persawahan di desa ini konon dibuat oleh Wisang Sanjaya yang ingin memakmurkan masyarakat. Hingga kini, areal persawahan dan bendungan sungai menjadi lokasi upacara adat Cing Cing Goling.

Kisah Cing Cing Goling, Jejak Pelarian Raden Wisang Sanjaya dari Majapahit

Foto/desagedangrejo.gunungkidulkab.go.id

Kisah perjalanan Wisang Sanjaya datang bersama istrinya, serta abdi setia Tropoyo dan Yudopati dan rombongan berliku-liku hingga akhirnya memenukan daerah Kasepuhan Karang (Gedangrejo).

Dalam perjalanan yang melelahkan, mereka sempat bertemu dengan puluhan laki-laki yang berusaha merebut istri Wisang Sanjaya.



Selanjutnya terjadi aski kejar-kejaran hingga tanaman petani. Konon belasan pria itu tertarik dengan kecantikan Nyai Wisang Sanjaya. Wisang Sanjaya dan para pengawal berhasil mengamankan Nyai Wisang Sanjaya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2353 seconds (0.1#10.140)