Selalu Digambarkan Bertelanjang Dada, Ternyata Ken Dedes Tak Pernah Mengumbar Payudara

Jum'at, 17 Februari 2023 - 08:49 WIB
loading...
Selalu Digambarkan Bertelanjang Dada, Ternyata Ken Dedes Tak Pernah Mengumbar Payudara
Ken Dedes istri akuwu Tunggul Ametung yang direbut Ken Arok selalu digambarkan bertelanjang dada. (Ist)
A A A
BLITAR - Ken Dedes istri akuwu Tunggul Ametung yang direbut Ken Arok selalu digambarkan bertelanjang dada. Hal itu merujuk pada penemuan arca Prajna Paramitha.

Sejumlah sumber sejarah meyakini Ken Dedes pada sepanjang hidupnya mengenakan penutup dada. Dedes tidak toples dengan memamerkan keindahan payudaranya.

Pemakaian penutup dada itu berkaitan dengan status sosial Ken Dedes yang tinggi. Sebagai istri seorang akuwu, ia berdandan layaknya perempuan yang terhormat.

Begitu juga saat menjadi istri Raja Singasari Ken Arok. Hanya saja kain penutup dada yang dipakai bersifat menerawang.

“Ratu kerajaan Singasari itu selama ini mengenakan penutup sutra yang memang transparan sehingga payudara terlihat dan seperti tak tertutup,” demikian dikutip dari buku Sejarah Nusantara Yang Disembunyikan (2019).

Ken Dedes merupakan putri seorang brahmana. Mengacu kitab Pararaton, ayah Ken Dedes adalah Mpu Purwa, seorang pendeta Buddha aliran Mahayana di Panawijen (daerah di Malang).

Dedes yang masih remaja membuat Tunggul Ametung sang akuwu Tumapel terpikat secara membabi buta. Diculiknya Ken Dedes sekaligus dinikahinya paksa.

Tahu anaknya diperlakukan tidak senonoh, Mpu Purwa meradang. Ia melontarkan kutukan, bahwa kelak penculik anaknya akan mati tertikam keris. Kutukan itu betul-betul menemukan jalannya.

Ken Arok yang terpikat dengan Ken Dedes menikam Tunggul Ametung dengan sebilah keris Mpu Gandring hingga tewas. Berangkat dari seorang akuwu, Ken Arok membangun karir politiknya menjadi Raja Singasari.

Dari perkawinannya dengan Tunggul Ametung, Ken Dedes dikaruniai putra bernama Anusapati. Kemudian dari Ken Arok, Ken Dedes memiliki sejumlah anak, yakni di antaranya Mahesa Wongateleng, Panji Saprang, Agnibhaya dan Dewi Rimbu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.9078 seconds (0.1#10.140)