Ridwan Kamil Tugaskan PNS di Jabar Jadi Orang Tua Asuh Bayi Stunting

Selasa, 14 Februari 2023 - 23:31 WIB
loading...
Ridwan Kamil Tugaskan PNS di Jabar Jadi Orang Tua Asuh Bayi Stunting
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil meminta setiap PNS di Jabar menjadi orang tua asuh bayi stunting. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta setiap Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Jabar menjadi orang tua asuh bayi stunting . Hal itu demi menuntaskan persoalan stunting agar Jabar mendapat predikat zero stunting dan kasus baru.

"Ada 800.000-an bayi stunting (di Jabar). Kita ingin ada program satu PNS mengurusi satu bayi stunting. Jadi, ada 800.000 PNS. Nanti saya tugaskan menjadi jadi orangtua asuh bayi stunting," ujar Emil usai menghadiri Rapat Kerja Daerah Program Bangga Kencana di Kota Bandung, Selasa (14/2/2023).



Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu menjelaskan, program PNS menjadi orang tua asuh bayi stunting telah lebih dulu diterapkan di Kota Tasikmalaya. Oleh karenanya, kata dia, ide kreatif tersebut bakal diterapkan di Jabar.



Lebih lanjut dia mengatakan, percepatan penanganan stunting perlu dilakukan karena ukuran negara maju atau adidaya ditentukan dari kualitas sumber daya manusia (SDM). Setidaknya, kata Kang Emil, ada tiga syarat menuju negara maju selain tidak ada stunting.

"Demokrasi damai dimana sosial politik harus kondusif, lalu (pertumbuhan) ekonomi 5 persen dan ekonomi digital harus dikuasai. Tidak boleh ada stunting, harus menciptakan generasi kompetitif dan bebas stunting," katanya.



Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jabar, Wahidin menyambut baik pesan Ridwan Kamil yang menginginkan setiap PNS di Jabar menjadi orang tua asuh bayi stunting.

Menurutnya, program tersebut telah berjalan di beberapa daerah di Jabar seperti di Kota Tasikmalaya. Bahkan, meski belum optimal, Kabupaten Purwakarta dan Karawang juga telah menjalankan program tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1448 seconds (0.1#10.140)