Angkut Puluhan Ribu Kelapa, KM Nizam Jaya GT 34 Kandas di Perairan Batam

Sabtu, 11 Februari 2023 - 08:49 WIB
loading...
Angkut Puluhan Ribu Kelapa, KM Nizam Jaya GT 34 Kandas di Perairan Batam
Polairud Polda Kepulauan Riau (Kepri), membantu evakuasi Kapal Motor (KM) Nizam Jaya GT 34 mengangkut puluhan ribu butir kelapa yang kandas di perairan Belakangpadang, Kota Batam, Jumat (10/2/2023) sore. Foto/Antara
A A A
BATAM - Kapal Motor (KM) Nizam Jaya GT 34 kandas di perairan Belakangpadang, Kota Batam. Kapal tersebut mengangkut puluhan ribu butir kelapa bulat. Upaya evakuasi, dilakukan Polairud Polda Kepulauan Riau (Kepri), untuk menghindari jatuhnya korban, Jumat (10/2/2023) petang.



Dirpolairud Polda Kepri, Kombes Pol Boy Herlambang mengatakan, petugas Polairud Polda Kepri langsung bergerak memberikan bantuan pertolongan, saat mendapatkan laporan adanya kapal kandas. "Kami lakukan evakuasi terhadap anak buah kapal (ABK)," ungkapnya.



KM Nizam Jaya GT 34 yang kandas tersebut, bermuatan sebanyak 80 ribu kelapa bulat. Dua orang yang berada di atas kapal, yakni kapten dan ABK, menurut Boy sudah berhasil dievakuasi. "Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dua orang yang berada di atas kapal berhasil diselamatkan," ungkapnya.



Dia menjelaskan, kapal KM Nizam Jaya tersebut kandas akibat adanya kesalahan dari kapten yang tidak memperhatikan adanya batu karang saat melewati perairan tersebut. "Penyebab kapal kandas karena human error dari kapten kapal," tegasnya.



Lebih lanjut dia menjelaskan, petugas Polairud Polda Kepri, sudah memindahkan muatan berupa 80 ribu butir kelapa ke daratan. "Kelapa atau muatan dari kapal yang kandas sudah dipindahkan ke darat, dan upaya penarikan kapal akan dilakukan setelah seluruh muatan kapal dikosongkan," pungkasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1005 seconds (0.1#10.140)