Wagub Jabar Ingin Pers Berperan Jaga Persatuan dan Kesatuan

Jum'at, 10 Februari 2023 - 16:08 WIB
loading...
Wagub Jabar Ingin Pers Berperan Jaga Persatuan dan Kesatuan
Wagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum berharap pers berperan dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Foto SINDOnews
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menyampaikan, pers sangat dibutuhkan oleh pemerintah dan rakyat. Karena itu dia berharap insan pers bisa menjaga persatuan dan kesatuan.

Hal itu dikatakan Uu saat menghadiri puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (9/2/2023). Menurutnya, interaksi pemerintah dan rakyat akan terjadi manakala ada peran media massa. Imbasnya adalah upaya pembangunan dan kesejahteraan bangsa bisa terwujud sesuai kebutuhan.



“Kami Pemerintah Provinsi Jawa Barat butuh media untuk menyambungkan lidah kami, mempertajam mata kami, memperpanjang telinga kami dengan masyarakat," kata Uu dalam keterangan resminya, Jumat (10/2/2023).

Menurut Uu, masyarakat membutuhkan media untuk menyampaikan harapan dan keinginan kepada pemerintah. Dengan demikian, media merupakan salah satu medium yang mempertemukan pemimpin dengan rakyat.

Selain itu, Uu juga berharap media massa di Indonesia bisa terus memberi manfaat bagi seluruh masyarakat. Selain itu media mampu menyatukan persepsi akan nasionalisme di tengah keberagaman, sesuai semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika.

"Harapan saya, pers nasional tetap sesuai dengan harapan kita semua. Yaitu di samping media pemberitaan, memberikan, memberitakan hal yang positif, bermanfaat dan juga membawa kemaslahatan. Tetap jaga persatuan dan kesatuan. Sukses untuk insan-insan media, khususnya insan media Jawa Barat,” ujarnya.

Perlu diketahui, pada acara gala dinner di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara, Rabu 8 Februari 2023 malam, PWI Pusat memberikan penghargaan kepada Gubernur Jabar, Ridwan Kamil sebagai Kepala Daerah Peduli Peningkatan Kapasitas Wartawan Melalui Program 1.000 Uji Kompetensi Wartawan.

Menanggapi hal itu, Uu mengatakan, Program 1.000 UKW digelar sejak pertengahan 2022 hingga Agustus 2023 yang terbagi dalam beberapa angkatan. Kegiatan berlangsung di sejumlah kabupaten dan kota di Jabar.

Program itu merupakan wujud pemerintah yang punya harapan besar terhadap kiprah media di Jabar khususnya, dan Indonesia umumnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komisi Pengaduan dan Penegakan Etika Pers pada Dewan Pers Yadi Hendriana menyampaikan apresiasinya atas kepedulian Pemprov Jabar dalam meningkatkan kapasitas wartawan/jurnalis. Yaitu mengadakan uji kompetensi wartawan (UKW) untuk 1.000 jurnalis se-Jabar.

“Kepedualian Pemprov Jabar patut kita apresiasi karena program ini akan menjadi ajang peningkatan kualitas jurnalis. Dan kami mendorong rekan-rekan jurnalis untuk meningkatkan kapasitas dan juga memupuk integritas untuk menghasilkan karya jurnalistik yang bermanfaat bagi publik. Salah satunya dengan mengikuti program UKW," kata Yadi.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2400 seconds (0.1#10.140)