Pasca KKB Bakar Pesawat Susi Air, Warga Mengungsi ke Ibu Kota Nduga

Selasa, 07 Februari 2023 - 20:16 WIB
loading...
Pasca KKB Bakar Pesawat Susi Air, Warga Mengungsi ke Ibu Kota Nduga
Aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar pesawat Susi Air membuat warga Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan mengungsi. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
NDUGA - Aksi kelompok kriminal bersenjata (KKB) membakar pesawat Susi Air membuat warga Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan mengungsi . Mereka berbondong-bondong berjalan kaki menuju menuju Kenenyam, Ibu Kota Nduga untuk mengamankan diri.


Informasi yang dihimpun MNC Portal Indonesia (MPI), warga Distrik Paro yang mulai keluar sejak sore tadi melakukan perjalanan dengan berjalan kaki.



Perjalanan dari Distrik Paro menuju Kenenyam memakan waktu 3 hari 3 malam. Warga memilih mengungsi ke Kenenyam karena merasa diteror.

Distrik Paro sebelumnya adalah daerah paling aman yang tak pernah tersentuh dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Egianus Kogoya, di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan.

Namun insiden pembakaran Pesawat Susi Air pagi tadi sontak membuat warga khawatir dan mulai mengamankan diri ke Kenenyam.

Sebelumnya, pesawat Susi Air dengan nomor penerbangan SI 9368 dibakar oleh KKB di Landasan Terbang Paro, Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, pada Selasa (7/2/2023) pagi. Pesawat Susi Air tersebut tercatat sebagai pesawat PK BVY dengan rute Timika-Paro.


Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O Sembiring membenarkan kejadian tersebut.

“Benar pesawat Susi Air sudah dibakar. Pelaku pembakaran diduga kuat dilakukan oleh kelompok separatis teroris (KKB) pimpinan Egianus Kogoya,” kata Danrem.

Danrem juga menyampaikan belum mengetahui kondisi pilot dari pesawat Susi Air yang dibakar beserta penumpangnya.

“Untuk kondisi pilot dan copilot kami belum bisa memastikan. Namun kita doakan semoga mereka selamat,” kata Danrem.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)