alexametrics

Tekan Inflasi Pangan, Bank Indonesia Dorong Pemanfaatan Lahan Kosong Perkotaan

loading...
Tekan Inflasi Pangan, Bank Indonesia Dorong Pemanfaatan Lahan Kosong Perkotaan
Tekan Inflasi Pangan, Bank Indonesia Dorong Pemanfaatan Lahan Kosong Perkotaan. Foto/SINDOnews/Arif Bud
A+ A-
BANDUNG - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Jawa Barat (KPW BI) mendorong pemanfaatan lahan kosong perkotaan untuk budidaya tanaman (urban farming).

Langkah ini diharapkan dapat membantu menekan inflasi di Jawa Barat akibat efek COVID-19.

Kepala KPW BI Jabar Herawanto mengatakan, pihaknya mendorong pemanfaatan lahan terbatas di perkotaan, untuk pertanian konvensional.

Lahan itu dikonversi menjadi lahan pertanian produktif hijau sehingga dapat memberikan manfaat ekonomis kepada masyarakat.



"Urban farming diharapkan dapat membantu percepatan pemulihan ekonomi. Ini juga sebagai bagian dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Tahap setelah dengan Pemkot Bandung, kami menggandeng Pemkot Bogor," kata Herawanto, Rabu (15/7/2020).

Program urban farming yang saat ini dikembangkan merupakan konsep ekosistem terpadu antara sistem budidaya ikan air tawar dengan konsep aquaponic sederhana yaitu budi daya ikan dalam ember. Berupa ikan lele yang terintegrasi dengan sistem produksi sayuran yaitu kangkung.



Selain masyarakat dapat memenuhi kebutuhan protein dan nabati secara mandiri, dalam skala yang lebih besar, aktivitas urban farming ini dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan guna menopang konsumsi dan kesejahteraan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan upaya menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat, khususnya pada penerapan tatanan new normal.

Diketahui, pandemi COVID-19 telah berdampak pada perekonomian nasional, termasuk Jawa Barat. Dari sisi pertumbuhan ekonomi, pada triwulan I-2020, ekonomi Jawa Barat tumbuh melambat menjadi sebesar 2,72% (yoy).

Dari sisi inflasi, Jawa Barat pada Juni 2020 mencatat inflasi sebesar 0,32% (mtm), atau 2,75% (yoy). Sementara Kota Bogor mencatat inflasi sebesar 0,27% (mtm), atau 2,74% (yoy). (Baca juga: Denda Tak Bermasker, Urgensitas atau Formalitas?)

Sedangkan pada kesempatan tersebut, Bank Indonesia Jawa Barat memberikan bantuan berupa fasilitas tiga unit cold storage sebagai bagian dari solusi manajemen logistik Kota Bogor. BI Jawa Barat kembali memberikan bantuan berupa 500 paket sembako dan Alat Pelindung Diri
(APD).
(boy)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak