Bone Bolango Berhasil Raih Desa Mandiri Tahun 2020

Rabu, 15 Juli 2020 - 10:24 WIB
loading...
Bone Bolango Berhasil Raih Desa Mandiri Tahun 2020
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone dalam bincang harapan publik yang digelar di Studio Dinas Komunikasi dan Informatika Bone Bolango, Selasa (14/7/2020).
A A A
BONE BOLANGO - Bone Bolango raih IDM atau Indeks Desa Membagun pada tahun 2020. IDM merupakan sebuah alat ukur kinerja program/kegiatan pemerintahan desa yang tertuang dalam RPJMDes dan dilaksanakan serta dapat dipertanggungjawabkan dan memenuhi azas manfaat dalam implementasinya.

Secara Umum di Kabupaten Bone Bolango terdapat 18 Kecamatan, 160 Desa dan 5 Kelurahan pada tahun 2017, 2018 IDM di Bone Bolango hanya meraih satu desa maju dan ini menjadi bahan evaluasi dari tim kerja yang terdiri dari berbagai unsur dan elemen pemerintahan untuk meningkatkan kinerja pemerintah desa. Pada tahun 2019 Bone Bolango mencapai hal yang luar biasa yaitu 26 desa maju. Tahun 2020 Desa sangat tertinggal di Bone Bolango sudah tidak ada lagi, kini terdapat 20 desa tertinggal, 46 desa berkembang 50 desa maju dan 2 desa mandiri.

"Hal ini merupakan pencapaian besar karena melampaui target RPJMD Kabupaten Bone Bolango 2016-2021," kata Suleman Panigoro, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bone dalam bincang harapan publik yang digelar di Studio Dinas Komunikasi dan Informatika Bone Bolango, Selasa (14/7/2020).

Menurut Iksan Nento, tenaga ahli P3MD, "Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa" sejak awal tahun 2017 sudah dilakukan pemetaan tentang apa saja yang menjadi kendala dan hambatan dalam pencapaian IDM di Bone Bolango. Ada 3 indikator utama yang harus dipenuhi dalam pencapaian desa berkembang, maju dan mandiri yaitu indeks ketahanan sosial, indeks ketahanan ekonomi dan indeks ketahanan lingkungan yang akan dilakukan scoring pada setiap pencapaian masing-masing desa. Sehingga diketahaui mana yang perlu ditingkatkan dan terus di dorong serta dilengkapi. Dari hasil ini pada tahun 2020 Bone Bolango meraih dua Desa Mandiri yaitu Desa Talulobutu Kecamatan Tapa dan Desa Pauwo Barat Kecamatan Kabila.

Disisi lain Suwarno Idris, tenaga ahli provinsi, yang juga merupakan narasumber pada acara yang sama menjelaskan bahwa di Provinsi Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango yang pertama meraih dua desa mandiri selama ini. Bukan hanya itu dalam capaian desa maju juga Bone Bolango tertinggi di Provinsi Gorontalo yaitu 50 Desa atau kurang lebih 40 persen dari total jumlah desa di Bone Bolango. Ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa yang dihasilkan oleh Bone Bolango dan Pemerintah Provinsi Gorontalo. JUga merupakan kolaborasi antara Bupati, Wakil Bupati dan Sekertaris Daerah, para Kepala OPD, Camat, Kepala Desa yang sangat cemerlang
(alf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0829 seconds (0.1#10.140)