Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Putra Asli Papua Antusias Ikuti Tes Masuk Calon Bintara dan Tamtama TNI AL

loading...
Putra Asli Papua Antusias Ikuti Tes Masuk Calon Bintara dan Tamtama TNI AL
Pendidikan calon bintara dan tamtama prajurit karier TNI AL selama ini diselenggarakan di Kodiklatal, Surabaya dan baru pertama kali diselenggarakan di Sorong, Papua antusias diikuti para pelamar asal putra asli Papua sangat tinggi. (Foto/Ist)
SORONG - Pendidikan calon bintara dan tamtama prajurit karier TNI AL selama ini diselenggarakan di Kodiklatal, Surabaya dan baru pertama kali diselenggarakan di Sorong, Papua antusias diikuti para pelamar putra asli Papua.

Para calon bintara dan tamtama ini pada Selasa (14/7/2020) mengikuti pelaksanaan ujian tertulis seleksi penerimaan prajurit TNI Angkatan Laut Strata Bintara dan Tamtama wilayah Papua di Mako Lantamal XIV, Kota Sorong, Papua Barat.

Ujian ditinjau langsung Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr, (Han). Dalam peninjauan itu, turut hadir Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Suaf Yanu Hardani. (BACA JUGA: Gempa Bumi Tektonik M5,1 di Barat Daya Bayah-Banten, Tidak Berpotensi Tsunami)

Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir dalam keterangan persnya di Kota Sorong mengatakan, seleksi penerimaan prajurit TNI AL tersebut terdiri dari beberapa tahap pelaksanaannya.



" Dalam seleksi penerimaan ini, ada beberapa tahap pelaksanaan, di antaranya, rekruitmen putra daerah sebagai prajurit karier strata Bintara dan Tamtama. Kemudian, pendidikan dasar militer di Pasmar 3 Sorong, dan selanjutnya, Pendidikan Kejuruan akan dilaksanakan di Lantamal XIV Sorong, serta pelaksanaan latihan praktik menggunakan KRI di jajaran Koarmada IIIm," katanya.

Menurut Abdul Kadir, pendidikan calon bintara dan tamtama prajurit karier TNI AL selama ini diselenggarakan di Kodiklatal, Surabaya dan baru pertama kali diselenggarakan di Sorong. Untuk saat ini, antusiasme pelamar dari putra asli Papua sangat tinggi.

"Koarmada III sendiri juga telah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan pendidikan tersebut, baik di Mako Koarmada III Katapop, Brigif 3 Marinir Katapop, dan Lantamal XIV Sorong," ujarnya. ( BACA JUGA: Pecah Ban, Mobil Bank Terguling di Jalan Trans Kalteng-Kalbar)

Selain itu menurut Abdul Kadir, telah dilaksanakan Kursus Tenaga Kependidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik Pendidikan Dasar Militer serta Pendidikan Kejuruan Bintara dan Tamtama di Koarmada III Sorong.

Selama seleksi penerimaan prajurit TNI AL tersebut berlangsung senantiasa menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, diantaranya seluruh peserta dilakukan pengukuran suhu badan, menjaga jarak minimal 1,5 meter (physical distancing), mencuci tangan sebelum mengikuti ujian tertulis, dan seluruhnya memakai masker serta tidak dipungut biaya apapun.
(vit)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top