Putra Asli Papua Ditahbiskan Jadi Uskup Jayapura oleh Duta Besar Vatikan

Kamis, 02 Februari 2023 - 22:37 WIB
loading...
Putra Asli Papua Ditahbiskan Jadi Uskup Jayapura oleh Duta Besar Vatikan
Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You ditahbiskan sebagai Uskup Jayapura oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Monsinyur Piero Pioppo, Kamis (2/2/2023). Foto/iNews TV/Edy Siswanto
A A A
JAYAPURA - Pertama kali dalam sejarah Keuskupan Jayapura, putra asli Papua dari Suku Mee ditahbiskan menjabat Uskup di Gereja Katedral Kristus Raja di Jayapura, Kamis (2/2/2023). Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You ditahbiskan sebagai Uskup Jayapura oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Monsinyur Piero Pioppo.

Sejak 128 tahun Gereja Katolik berdiri di Papua, baru kali ini Paus Fransiskus menunjuk Orang Asli Papua (OAP) sebagai Uskup. Kardinal Mgr Ignatius Suharyo dan 33 Uskup dari berbagai wilayah di Indonesia turut hadir dalam peristiwa bersejarah ini.



Ada tiga visi dan misi yang akan dilakukan Uskup Jayapura Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You selama mengemban tugas. Di antaranya menjaga persatuan antara para pastor umat Katolik di seluruh Papua, bersinegri dengan pemerintah, TNI dan Polri dalam menjaga keamanan dan kedamaian di Papua, termasuk bersinergi dengan umat agama lain dan ketiga adalah akan membuat gereja dengan ciri khas Budaya.

Sementara Plt. Dirjen Binmas Katolik Kementerian Agama (Kemenag), AM Adiyarto Sumadjono yang turut hadir mewakili Menag mengucapkan selamat dan berbagai harapan atas tugas yang diemban Uskup Yanuarius Theofilus Matopai You.

"Kami mewakili pemeintah, mengucapkan selamat dan berharap sebagai gembala umat yang baru, sekalian beliau adalah orang asli Papua pertama yang menjabat sebagai Uskup, dapat menyerap aspirasi masyarakat dan memberikan solusi yang terbaik untuk umat Katolik khususnya," ujar AM Adiyarto Sumadjono.

Pihaknya juga berharap kolaborasi dengan Keuskupan untuk pembangunan Papua kearah yang lebih baik bisa terjalin. Uskup Monsinyur Yanuarius Theofilus Matopai You adalah Uskup asli Papua dan dinilai mampu mengemban tugas tersebut.



"Pasti, jadi karena beliau seorang putra daerah, tentu lebih memahami dinamika setempat, aspirasi dan kearifan lokal masyarakat, sehingga bisa memberikan solusi yang tepat. Tentu efeknya adalah mempercepat dinamika pembangunan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, karena beliau lebih memahami masyarakatnya,"katanya.

Sementara, Ketua PGGP (Persekutuan Gereja Gereja Papua) Pdt. Heskia Rollo mengaku senang dengan pelantikan Uskup baru asal Papua ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)