Wow! Denpasar jadi Kota Lengkap Pertama di Indonesia

Kamis, 26 Januari 2023 - 19:38 WIB
loading...
Wow! Denpasar jadi Kota Lengkap Pertama di Indonesia
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto bersama Gubernur Bali, I Wayan Koster. Foto/Ist.
A A A
DENPASAR - Kota Denpasar, Bali, mencatatkan sejarah sebagai kota pertama di Indonesia, yang telah lengkap mendaftarkan tanahnya. Penetapan sebagai kota lengkap itu, dilakukan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto, Kamis (26/1/2023).



Saat ini Kementrian ATR/BPN sedang mengebut untuk dapat menuntaskan pendaftaran 126 juta bidang tanah di Indonesia. Pendaftaran tanah tersebut, dilakukan melalui skema Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).



Tanah-tanah tersebut, didaftarkan mulai dari lingkup desa, kecamatan, kabupaten dan kota, hingga provinsi. Pendaftaran tanah terus dikerjakan sehingga seluruh wilayah terpetakan dan terdaftar secara lengkap.



Dalam sambutannya, Hadi Tjahjanto menyampaikan, ini menjadi salah satu sejarah karena Denpasar, merupakan kota pertama di Indonesia, yang ditetapkan sebagai Kota Lengkap. Dia sangat mengapresiasi capaian ini, karena dapat mewujudkan salah satu arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pertama kali di Bali, khususnya di Denpasar, yang menjadi Kota Lengkap, sepanjang UUPA (Undang-undang Pokok Agraria) lahir, karena Kota Lengkap sesuai perintah Pak Presiden. Oleh sebab itu, kami benar-benar mengapresiasi apa yang telah dilakukan di Denpasar. Saya harapkan wilayah lain mengikuti seperti di Bontang, Madiun, dan Bogor," kata Hadi Tjahjanto.

Lebih lanjut, Hadi Tjahjanto menerangkan maksud dari Kota Lengkap. Menurutnya, Kota Lengkap adalah wilayah mulai dari desa, kecamatan, sampai kabupaten atau kota semuanya sudah terpetakan, terdaftar baik secara yuridis maupun juga secara spasial.

Wow! Denpasar jadi Kota Lengkap Pertama di Indonesia
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)