Kisah Keris Kyai Sengkelat, Hadiah Sunan Kalijaga untuk Raja-raja Jawa

Kamis, 26 Januari 2023 - 05:05 WIB
loading...
Kisah Keris Kyai Sengkelat, Hadiah Sunan Kalijaga untuk Raja-raja Jawa
Ilustrasi keris. Foto: Istimewa
A A A
KERIS Kyai Sengkelat merupakan keris sakti yang diberi nama oleh Sunan Kalijaga. Keris itu dibuat oleh Ki Supa hanya dengan dipijat-pijat, karena bahannya tidak bisa ditempa dengan pemanasan api.

Meski demikian, keris Kyai Sengkelat jadinya sangat indah. Warnanya kemerah-merahan, hingga membuat Sunan Kalijaga takjub. Karena warnanya yang kemerah-merahan itulah, maka keris itu dinamakan Kyai Sengkelat.

Demikian Cerita Pagi kali ini akan mengulas seputar keris Kyai Sengkelat. Seperti apa? Berikut ulasannya.

Baca juga: Kiai Sengkelat, Keris Sakti Sunan Kalijaga Mampu Menangkap Kilat

Dilansir dari tulisan Prasida Wibawa, dalam bukunya Pesona Tosan Aji, keris Kyai Sengkelat terbuat dari bahan besi Akadiyat sebesar kemiri. Bahan besi itu lalu diserahkan Sunan Kalijaga kepada Ki Supa untuk dibuatkan keris.

Tetapi karena bahan besi tersebut sangat unik dan tidak bisa ditempa dengan menggunakan metode tradisional pemanasan api, maka bahan itu dibuat dengan cara dipijat-pijat dengan tangan oleh Ki Supa.

Ki Supa memang seorang pandai besi yang sangat sakti. Dari tangannya, banyak diciptakan benda-benda pusaka.

Baca: Kutukan Keris Sakti Mpu Gandring Meminta Tumbal 3 Nyawa Raja Singasari

Hingga akhirnya jadilah keris itu. Kemudian diserahkan kepada Sunan Kalijaga. Saat melihat keris tersebut, Sunan Kalijaga sangat takjub dengan warnanya yang kemerah-merahan. Kemudian, keris itu diberi nama Kyai Sengkelat.

Menurut Sunan Kalijaga, keris khusus ini tidak cocok untuk ulama. Maka itu, Sunan Kalijaga meminta kepada Ki Supa untuk menyimpan keris Kyai Sengkelat untuk diberikan kepada raja yang menguasai Pulau Jawa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3296 seconds (10.101#12.26)