10 Makam Tua di Kediri Kena Gusur Proyek Pelebaran Jalan Bandara Dhoho

Jum'at, 13 Januari 2023 - 17:09 WIB
Makam tua yang dipindah karena terkena proyek pelebaran jalan menuju Bandara Dhoho, Kediri, Jawa Timur. Foto/Ist
KEDIRI - Sebanyak 10 makam tua di Desa Jongbiru, Kecamatan Gampengrejo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur harus dipindahkan. Lokasi makam berada di kawasan proyek pelebaran jalan menuju Bandara Dhoho Kediri.

Makam berjarak empat meter dari bahu jalan yang akan dilebarkan. Pemindahan makam yang berlangsung Jumat ini (13/1/2023) diiringi dengan tahlil dan istighosah dari pihak keluarga.



“Semua ada 10 makam tua yang terdampak proyek pelebaran jalan menuju bandara,” tutur Abdurrahman selaku ahli waris kepada wartawan Jumat (13/1/2023).

Makam berada di komplek pemakaman masjid wakaf Al Mustofa. Oleh masyarakat setempat diyakini sebagai makam-makam tua. Total ada sebanyak 20 makam, namun yang terdampak proyek pelebaran jalan bandara Dhoho Kediri hanya 10 makam.



Lokasi baru untuk 10 makam tua yang tergusur itu, tidak jauh. Menurut Abdurrahman masih menyatu dengan komplek pemakaman yang ada. Karenanya pihak keluarga tidak merasa keberatan dengan pemindahan.

“Masih satu dengan area komplek makam yang ada,” terangnya.



Proses pemindahan makam tua berlangsung lancar. Selama proses berlangsung tidak ada kendala yang berarti. Pemkab Kediri akan memulai pelebaran jalan di wilayah Jongbiru mulai tahun ini. Lebar jalan akan mencapai 12 meter.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More