Nelayan Pendukung Ganjar Berbagi 1.000 Sembako di Pangandaran

Selasa, 08 November 2022 - 13:45 WIB
Komunitas Nelayan Pesisir Jabar membersihkan sampah di TPI Minakarya Cijulang di Kecamatan Cijulang, Pangandaran, Selasa (8/11/2022). Mereka juga mendistribusikan paket sembako untuk 1.000 nelayan dan keluarganya. Foto/Dok. SINDOnews
PANGANDARAN - Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Barat (Jabar) mendistribusikan paket sembako untuk 1.000 nelayan dan keluarganya di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Minakarya Cijulang di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Relawan pendukung Ganjar Pranowo berharap bantuan ini mampu meringankan beban ekonomi para nelayan kecil di Pangandaran.

Selain berbagi sembako, komunitas tersebut juga mengajak para nelayan dan masyarakat sekitar untuk membersihkan area pesisir Pangandaran. Lewat aksi tersebut, diharapkan area pesisir menjadi bersih, dan mampu mengundang banyak wisatawan untuk mengunjungi pesisir Pangandaran.

"Sekarang kan sedang musim hujan, dan saat hujan itu, banyak sampah yang akhirnya hanyut ke tepi pantai. Pada akhirnya, sampah-sampah di pantai makin menumpuk. Maka dari itu kami mengajak para nelayan untuk bersih-bersih di pantai dan sekitarnya," kata Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jabar, Handi Nurdin usai ikut membersihkan sampah di lokasi, Selasa (8/11/2022)

Handi berharap, kegiatan bersih-bersih pantai ini tidak berhenti pada hari itu tetapi terus dilakukan para nelayan. Jika kegiatan bersih-bersih ini telah menjadi budaya yang tertanam di masyarakat, maka para nelayan akan langsung menerima manfaatnya.

Selain menggelar sejumlah aksi sosial, komunitas ini juga melakukan deklarasi dukungan mereka untuk Ganjar Pranowo menjadi Presiden 2024. Mereka berharap, para nelayan di Jawa Barat bisa dipimpin oleh sosok yang memang bergaul dengan para nelayan.



Handi mengatakan, banyak program Ganjar saat memimpin Jawa Tengah yang pro terhadap para nelayan. Salah satunya program Asuransi Nelayan (Asnel). Berdasarkan data yang dihimpun komunitas ini, sudah ada lebih dari 171.000 nelayan di Jawa Tengah yang telah berasuransi.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar bisa jadi presiden dan program-program nelayannya di Jawa Tengah bisa dinasionalkan, terkhusus Jawa Barat. Di Jawa Tengah itu kan sudah ada asuransi khusus nelayan. Mudah-mudahan program itu bisa membuat seluruh nelayan di Indonesia bisa teransuransi," harapnya.

Selain program pro nelayannya, anggota Komunitas Nelayan Pesisir Jabar juga sangat mengagumi pribadi dari Ganjar. Ganjar dikenal sebagaimana pemimpin yang bermasyarakat, ramah, dan selalu berupaya mengayomi masyarakat dari semua kalangan.

"Kegiatan berikutnya insyaallah kita akan membuat pelatihan-pelatihan untuk para nelayan. Misalnya pada musim pra panen, itu ikan jadi menumpuk. Akhirnya harga turun dan membebankan para nelayan. Jadi pelatihan nanti kita akan mengakali agar kerugian ini bisa dihindari para nelayan," tambahnya.
(poe)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More