BSSN dan FOKSI Gelar Kuliah Umum dan Talkshow Jaga Ruang Siber

Rabu, 21 September 2022 - 16:33 WIB
BSSN RI dan Forum Komunikasi Santri Indonesia FOKSI berkolaborasi menyelenggarakan literasi keamanan siber dalam bentuk kegiatan Kuliah Umum dan Talkshow Jaga Ruang Siber. (Ist)
YOGYAKARTA - Di era digital , arus informasi deras mengalir menjangkau seluruh sendi kehidupan tanpa batas ruang dan waktu. Pandemi Covid-19 menjadi titik balik begitu banyaknya aktivitas masyarakat memanfaatkan ruang siber .

Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di ruang siber ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi berbagai kemudahan dan peluang namun disisi lain jenis dan ruang ancaman. Meski demikian, masih banyak yang belum aware dan acuh terhadap potensi ancaman di ruang siber. Hal tersebut tentu perlu adanya penyadaran serta literasi keamanan siber secara berkesinambungan.

Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN RI) dan Forum Komunikasi Santri Indonesia (FOKSI) berkolaborasi menyelenggarakan literasi keamanan siber dalam bentuk kegiatan Kuliah Umum dan Talkshow Jaga Ruang Siber bertemakan "Internalisasi Nilai-Nilai Budaya Dalam Menjaga Ruang Siber Dari Ancaman Perpecahan dan Propaganda di Media Sosial dan Ruang Siber" di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta, Rabu (21/9/2022).

Turut hadir Kepala BSSN Letjen TNI (Purn.) Hinsa Siburian, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta Dr. K.H. Mu'tashim Billah, Ketua Umum FOKSI Muhammad Natsir Sihab, Peneliti Kompleksitas Sosial Bandung Fe Institute Hokky Situngkir, Penasihat Ahli Polri Ifdal Kasim, Pengamat Sosial Ray Rangkuti, Aktivis lintas agama Sahat Martin Philip Sinurat, Serta para santri Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta.

Kepala BSSN Hinsa Siburian berpesan kepada santri untuk mengaplikasikan apa yang sudah diajarkan dalam pesantren dalam kehidupan sehari-hari termasuk ketika berinteraksi dan menggunakan ruang siber. Mengajak segenap santri yang sedang menempuh pendidikan tingkat pertama untuk fokus belajar dan bijak menyaring informasi yang didapatkan dari ruang siber sebelum menggunakannya sebagai bahan pengambilan keputusan.



Baca: Diduga Pengemudi Ngantuk, Honda HRV Masuk Jurang 30 Meter di Sampang.

Hinsa mengundang segenap santri yang memiliki latar belakang kelilmuan dan penjurusan yang sesuai untuk bergabung dengan BSSN dengan melanjutkan pendidikan ikatan dinas di Politeknik Siber dan Sandi Negara setelah lulus dari pendidikan pesantren.

Hinsa pun turut memberikan movitasi kepada Santri untuk terus fokus belajar untuk mencapai cita-cita.

"Dari Pondok Pesantren Sunan Pandanaran, kota perjuangan Yogyakarta Saya mengajak seluruh Santriwan dan Santriwati serta seluruh generasi muda Indonesia dengan iman dan takwa dan cinta tanah air untuk mengamankan dan menjaga kedaulatan ruang siber nasional dengan cara belajar tekun dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.", ungkap Hinsa.
(nag)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More